Temu MPM: “Kenali Kami Lebih Dalam”

Fotografer : Boby Kristiyanto

Temu MPM: “Kenali Kami Lebih Dalam”

Oleh: Natania Wahyuni Tanihardjo

Apakah Sobat GENTA sudah mengenal dengan baik salah satu Lembaga Kemahasiswaan (LK) legislatif di Universitas Kristen (UK) Petra, yaitu Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM)?

Memangnya kenapa kita harus kenal?

Sesuai dengan sebutannya yang merupakan perwakilan mahasiswa, majelis ini merupakan penyalur aspirasi dan koordinator mahasiswa di tingkat universitas terkait dengan bidang akademik maupun non-akademik. Masa kita yang telah mereka wakili tidak tahu menahu, pura-pura tidak tahu, atau malah bersikap apatis? Tentu kita yang akan rugi!

Agar kita-kita ini tidak rugi, MPM telah berbaik hati mengadakan “Temu MPM” yang diadakan Jumat lalu, (23/02/2018) di Gedung I ruang 105. Acara ini memang sengaja diadakan di tengah hectic-nya rangkaian Pemilu Raya (Pemira) agar mahasiswa peserta aktif maupun pasif Pemira bisa tahu jelas peran MPM di UK Petra. Hal ini bisa membantu kegalauan peserta pasif Pemira, sekaligus sebagai wawasan peserta aktif untuk lebih mempersiapkan diri.

Acara ini terbuka untuk siapapun mahasiswa yang mau mengenal MPM lebih dalam. Memang dibutuhkan sedikit lebih banyak energi untuk mengerti tugas LK satu ini. Kenapa? Karena mereka bekerja di balik layar!

Memangnya apa saja sih kerja MPM?

MPM memiliki beberapa fungsi, antara lain aspirasi dan advokasi, pengawasan BEM, dan membuat kebijakan terkait LK, serta evaluasi LK serta hubungan eksternal.

Fungsi-fungsi ini memang bekerja di balik layar hingga kadang kita tidak tahu saat mereka sedang bertugas. Jadi, kalau Sobat GENTA sering melihat perilaku para personil MPM yang sekedar berkeliling atau duduk membuka laptop, sebenarnya mereka sedang menjalankan tugasnya lho!

Ketika ditanyai mengenai kesibukan MPM, Hans Christian berujar,”Menjadi MPM itu punya pilihan untuk repot atau nganggur. Ini bukan lagi tentang tugas, melainkan pelayanan. Semua tergantung kita bagaimana menggunakan kesempatan. MPM tak punya batasan pekerjaan. Kita bebas kok untuk tidak bekerja diluar tugas utama. Di sisi lain kita juga bebas mengajukan apapun asal dengan tujuan yang jelas.”

Sekedar informasi, MPM yang sering kelihatan gabut ini ternyata merupakan LK yang mempunyai hak untuk berdampak paling besar di universitas lho! Bagaimana peserta pasif Pemira? Ke MPM yuk!

Tetap semangat dalam pelayanan, Sobat GENTA. Jangan takut repot, asal berdampak baik untuk lingkungan sekitar. Synergy to Impact!

Ig: @mpmukpetra

Line: gxz6371u

Website: mpm.petra.ac.id

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More