Communication Ethics: Well Manner for Better You

Fotografer: Johannes C.

Communication Ethics: Well Manner for Better You

Oleh: Alvin Ramasurya Wony’s

Sabtu (10/03/2018), Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Petra (HIMAKOMTRA) bekerja sama dengan Laboratorium Public Relations UK Petra mengadakan rangkaian hari kedua acara Communication Ethics berlangsung di Ruang Audio Visual (AV) 501 Gedung T UK Petra. Acara hari ini merupakan hari kedua dari rangkaian kegiatan Communication Ethics, sebelumnya diadakan seminar untuk mempersiapkan peserta.

Senin (05/03/2018), sebanyak 36 mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi UK Petra berkumpul di ruang E.01.06 untuk mengikuti seminar. Seminar ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa untuk mengajarkan materi etika komunikasi kepada siswa Sekolah Dasar (SD). Seminar dibawakan oleh Titi Nur Vidyarini, S.Sos., M.Comms., kepala Laboratorium Public Relations Universitas Kristen (UK) Petra, dan Vita Monica, S.Sos., M.Med.Kom., dosen Prodi Ilmu Komunikasi UK Petra.

Vita memberikan materi tetang multimedia presentation. Multimedia presentation berbicara tentang media yang digunakan untuk melakukan presentasi. Vita mengajarkan bagaimana membuat kerajinan tangan yang akan digunakan untuk mempresentasikan materi etika komunikasi yang akan diajarkan pada hari kedua. Titi mengajarkan etika komunikasi kepada mahasiswa. Materi etika komunikasi dibagi menjadi empat subbab, etika komunikasi kepada orang tua, etika komunikasi kepada teman, etika komunikasi kepada guru di sekolah, dan etika komunikasi kepada orang yang lebih tua.

Acara hari ini merupakan hari kedua dari rangkaian kegiatan Communication Ethics. Pada acara hari ini peserta diajak untuk mengajarkan etika komunikasi kepada adik-adik yang masih bersekolah di SD. Pukul 07.00, siswa SD kelas 2 dari SDN Kutisari 1 dijemput dan dirotasikan menuju AVT.501. Kegiatan ini dimulai dengan pertunjukan drama pendek berdurasi yang menggambarkan penggunaan etika komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Ada tiga drama yang ditampilkan oleh panitia kegiatan. Masing-masing drama mengajarkan salah satu tiga pelajaran yang ingin ditekankan oleh panitia kepada peserta, yaitu etika komunikasi kepada orang tua, etika komunikasi kepada teman, dan etika komunikasi kepada guru di sekolah.

Setelah menonton pertunjukan drama, peserta diminta menuangkan pemahaman mereka mengenai etika komunikasi dalam sebuah kerajinan tangan. Sebanyak 36 mahasiswa progam studi (Prodi) Ilmu Komunikasi dan 40 siswa SDN Kutisari 1 dibagi menjadi 12 kelompok untuk membuat sebuah kerajinan tangan yang memuat pelajaran yang mereka dapat. Seusai sesi pembuatan kerajinan tangan, Titi memberikan plakat kepada perwakilan dari SDN Kutisari 1 sebagai kenang-kenangan.

Pukul 10.00, seluruh peserta dirotasikan untuk mengikuti rally games. Duabelas kelompok gabungan mahasiswa dan siswa SD bermain dalam enam pos yang tersebar di area Gedung W UK Petra. Setiap pos berisi permainan yang memiliki esensi tentang etika komunikasi. Seusai bermain dalam setiap pos dan makan siang, peserta kembali ke AVT.501 untuk mendengarkan pengumuman pemenang rally games, kerajinan tangan, dan yel-yel terbaik.

“Agar mahasiswa bisa berproses dan belajar banyak hal. Karena kegiatan ini berinteraksi dengan pihak di luar UK Petra, aku berharap agar mahasiswa juga bisa belajar menerapkan etika komunikasi. Aku juga beraharap agar siswa SD yang mengikuti kegiatan ini dapat menerapkan ilmu yang didapat dan belajar banyak,” kata Dina Tinezia, ketua panitia kegiatan Communication Ethics.

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More