Ayo, Cegah Kanker Payudara !

(Surabaya/28), Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra (FIKOM UK.Petra) mengadakan talk show tentang breast cancer atau kanker payudara yang diselenggarakan di atrium Tunjungan Plaza 2. Acara yang dimulai pukul 11.00 sampai 15.00 itu cukup meriah. Suasana yang didominasi warna pink, stan-stan yang mendukung acara, serta bintang tamu yang hadir menambah semaraknya acara. Sebelum talk show dimulai, para pengunjung disuguhkan video tentang deteksi dini breast cancer dari dokter dan kemudian dilanjutkan dengan flashmob dari mahasiswa-mahasiswa UK. Petra.

Lagu “Stand Up For Love” yang dibawakan oleh Tessa Idol membuka acara talk show hari itu. Kemudian dilanjutkan cerita tentang pengalaman hidup penderita breast cancer, yaitu Ika Damajanti. “Saya tahu saya terkena kanker kurang lebih bulan Oktober 2000, lalu di operasi tanggal 1 November 2000. Saya sangat kaget waktu itu dan sempat tidak percaya, karena pertamanya saya tidak merasakan keluhan apa-apa, tapi karena dokter yang mendiagnosis, jadi saya percaya”, ungkapnya.

Memang, belum ada kepastian tentang penyebab dari breast cancer, jadi diharapkan semua orang, terutama kaum wanita, untuk selalu menjaga kesehatan dan selalu mengecek minimal satu bulan sekali. Seperti yang diungkapkan dr.Wiwin, breast cancer dapat diatasi jika terdeteksi sedini mungkin. “Jangan lengah dan selalu kontrol tubuh kita, karena pernah ada ditemukan bibit breast cancer hanya sebesar 4mm. Jadi tips dari saya untuk mencegah breast cancer ini yaitu selalu waspada dan periksakan diri ke dokter, tahu apa yang baik dan dan yang buruk bagi tubuh, jangan lupa berolahraga karena olahraga memperbaiki sistem dalam tubuh”, ujarnya.

Setelah talk show selesai, acara diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba poster yang dimenangkan oleh Timothy dan pembagian souvenir kepada para sponsor. “Ini sebenarnya bukan acara dari UK. Petra sendiri. Tetapi RRS (Reach to Recovery Surabaya) dan Rumah Sakit Onkologi yang mengajak mahasiswa UK. Petra kerjasama, tentunya kita patut berbangga. Dan untunglah semua berjalan dengan lancar, walaupun persiapannya agak terbatas karena cuma sekitar dua bulan. Overall, pokoknya sukses dari awal sampai akhir”, tukas Natalia yang merupakan ketua panitia acara ini.

Dengan diselenggarakannya acara ini, diharapkan agar semua orang lebih waspada akan bahaya dari breast cancer, terutama bagi kaum wanita. Jadi, marilah kita menjaga dan memelihara tubuh kita. Karena seperti kata pepatah, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Ingat selalu untuk makan makanan bergizi, olahraga rutin, dan periksakan diri  secara teratur (elvs)

Tagged with:     ,

About the author /


Pers Mahasiswa Genta

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *