Yuk, Bincang-bincang Dengan Ernest Prakarsa

ernest prakarsa

Photo by Pers Mahasiswa

Yuk, Bincang-bincang Dengan Ernest Prakarsa

Oleh: Christabel Cheryl

 

Jumat, 19 Mei 2017 – Ini Talkshow Edukasi Movie (ITEM) kembali lagi dengan tema “Digital Heroes” di tahun 2017. Acara ini sendiri diadakan di Gedung RRI Surabaya. Sebelumnya, ITEM mengundang YouTuber terkenal asal Indonesia yaitu Last Day Production. Kali ini Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Apresiasi Seni Film dan Sastra (ASFS) mengundang Ernest Prakarsa sebagai bintang tamu.

Pelawak tunggal itu telah memiliki beberapa project film layar lebar seperti “Ngenes” dan “Cek Toko Sebelah.” Melalui talkshow tersebut, Ernest juga membocorkan sedikit mengenai naskah garapannya yang rencananya akan ditayangkan pada akhir tahun. Sebagai penulis film-film tersebut, ia menjelaskan bahwa membuat sebuah cerita yang serius dan penuh drama sangatlah sulit. Ditambah lagi, bila akhirnya harus dileburkan dengan bumbu komedi. “Bagaimana sih membuat candaan tidak terkesan memaksa?” Kekuatan terbesar film tanah air adalah komedi. Hal ini dikarenakan sesuatu yang lucu bagi setiap orang berbeda-beda, tergantung dari budaya yang mereka anut. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa komedi adalah kearifan lokal. 

“Banyak komika di Indonesia yang memiliki potensi besar untuk menjadi pemain film layar lebar. Namun, sayang sekali masih sedikit orang yang mampu menuliskan naskah film. Apalagi film komedi,” ujar Ernest. Kesulitan membuat naskah yang bagus terletak pada kompleksitas cerita. Makin banyak tokoh yang diceritakan, makin banyak pula yang harus dipikirkan dalam membuat naskahnya. Ernest juga memberi saran untuk mendapatkan ide cemerlang yaitu, “Kalo lo mau boker, jangan bawa Hape.”

Tagged with:     , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *