Tax Course CEC-Pahami Seluk-Beluk Pajak Itu Mudah,Kok !

Fotografer: Evandruce Filbert

Tax Course CEC-Pahami Seluk-Beluk Pajak Itu Mudah,Kok !

Oleh: Joana

Senin (05/03/18), pertemuan pertama tax course pajak pribadi yang diselenggarakan Continuing Education Center (CEC) diselenggarakan di Gedung EH ruang 305A. Peserta yang telah mendaftarkan diri sebelumnya tampak serius mengikuti sesi kelas pajak. Sesi kelas yang dibina Syafrian Yunus,S.E.,M.A.,Ak. tersebut berlangsung padat sejak pukul 18:00-21:00 WIB.

Bagaimana cara pajak bekerja? Bagaimana cara uang yang berasal dari masyarakat dapat sampai ke pemerintahan?Bagaimana prosesnya? Apakah NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak, red) itu? Mengapa saya perlu membuat NPWP? Pertanyaan-pertanyaan tersebut kerap muncul di benak para mahasiswa yang baru terjun di dunia kerja. Pertanyaan-pertanyaan itulah yang dibahas tuntas dalam pertemuan pertama Tax Course kali ini. Tujuannya, memperkenalkan dasar-dasar perpajakan.

Materi perpajakan pribadi yang akan diberikan pada sesi hari itu yaitu mengenai pengantar hukum dan filosofi pajak, jenis-jenis pajak di Indonesia, dan penjelasan dasar mengenai cara negara memungut pajak masyarakat. Penjelasan dimulai dengan penjabaran ketentuan kepemilikan NPWP berikut kewajiban-kewajiban dari pemiliknya. Setelah itu,dijelaskan pula hak-hak dari warga negara pemiliknya .Hal-hal lainnya terkait peraturan dasar NPWP seperti prosedur pengajuan NPWP usia non-efektif juga dibahas dengan rinci oleh pembina.

Sistem pemungutan pajak di Indonesia merupakan topik yang sangat jarang dipahami lapisan masyarakat sendiri, termasuk di dalamnya kaum yang sesungguhnya terpelajar seperti kaum mahasiwa. Karena itulah, Tax Course perpajakan pribadi ini dirasakan penting dan mendesak untuk segera diberikan .Para peserta yang merupakan alumni dan mahasiswa mengaku, alasan mendaftarkan diri didasari keinginan mempersiapkan diri secara matang sebelum masuk ke dunia kerja.

Apapun bidang pekerjaan yang akan kita tekuni nantinya, sebagai warga negara yang berpenghasilan dan bertanggung jawab kita perlu memiliki kemampuan setidaknya mengontrol dan melaporkan pajak pribadi kita. Yuk, belajar menghitung pajak pribadi!

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More