Professional Talk IBM 2018-Belajar Bisnis Start Up dari Founder Lazada

Fotografer : Ferdiantio Jeremiah

Professional Talk IBM 2018-Belajar Bisnis Start Up dari Founder Lazada

Oleh : Joana

Jumat (16/03/18) sejumlah mahasiswa tampak memadati Auditoriom Universitas Kristen (UK) Petra sejak pukul 10:00 WIB untuk mengikuti Professional Talk (Pro-Talk) IBM 2018. Pro-Talk kali ini mengundang Fung Fuk LestarioFounder&CEO Lazada selaku pembicara. Kegiatan yang usai pukul 13.30 WIB ini bertujuan untuk membantu para mahasiswa dalam mengumpulkan ide-ide bisnis baru dan mempelajari cara merealisasikannya. Diharapkan, di masa yang akan datang para mahasiswa dapat menjadi pebisnis-pebisnis muda yang terkualifikasi.

Acara dibuka oleh pemberian sambutan ketua Program Studi (Prodi) International Business Management (IBM), Lianto Darmawan,S.E.,MFM. Dilanjutkan oleh sambutan ketua acara, Jessica Shannon. Usai pemberian sambutan, acara bergulir memasuki sesi penjelasan dan presentasi oleh pembicara. Dalam presentasinya, Fung Fuk menjelaskan dari dasar mengenai apa itu bisnis start-up, kualitas-kualitas apa yang seharusnya dimiliki oleh bisnis start-up yang baik, serta bagaimana cara untuk memulai suatu bisnis start-up, baik dari segi ide maupun pelaksanaan.

Open-mindedness adalah kunci dasarnya. Dalam melihat peluang bisnis kita tidak boleh membatasi ruang gerak kita hanya dalam lingkup bidang-bidang yang kita sukai atau kuasai. Kita harus bersikap terbuka terhadap hal-hal baru, berani memulai, dan bertindak. Fung Fuk bahkan sempat membagikan 4 tips bagi para pebisnis muda yang tidak tahu bagaimana cara mencari ide bisnis; 1) Bacalah banyak buku untuk membuka pikiran anda, 2) Berani mencoba hal-hal baru di luar zona nyaman kita. Kesuksesan tidak selalu datang dari bidang yang kita kuasai, 3) Travel the world and learn from how other people live,  4) Berhentilah bervisi dan mulailah bertindak!

Sesi tanya jawabpun berlangsung dengan tak kalah seru. Para mahasiswa berebut mengajukan pertanyaan-pertanyaan berkualitas yang kemudian dijawab dan dijabarkan dengan runtut oleh Fung Fuk. Fung Fuk menjelaskan bahwa selagi masih muda sebaiknya kita mencoba sebanyak-banyak hal karena jika kita mengalami kegagalan pada masa-masa ini tanggungan kita belum terlalu besar. Oleh sebab itu,mari kita mulai mempersiapkan diri sejak sekarang sobat GENTA! Datang di Pro-Talk tahun depan ya!

About the author /


Avatar

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *