Opening LKMM-TM XXVII: Willingness to Initiate

Opening LKMM-TM XXVII: Willingness to Initiate

Oleh: Rocky dan Alvin

Rabu (31/01/2018), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen (UK) Petra mengadakan opening Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM-TM) shift 1 di Ruang Audio Visual gedung T (AVT) 503. Terdapat total 199 peserta, dengan 113 mahasiswa UK Petra sendiri dan 6 mahasiswa dari Universitas Ciputra (UC) Surabaya.

Opening LKMM-TM XXVII dimulai dengan video yang berisi tentang kegiatan seputar LKMM-TM pada tahun sebelumnya. Acara dilanjutkan oleh Oktavianus Filemon, program studi (prodi) Ilmu Komunikasi 2015, membawakan lagu-lagu pujian dan memandu ice breaking.

Setelah suasana menjadi cair, Dony Kurniawan, S.T., yang juga merupakan pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Dance, membacakan firman. Dony mengajarkan kepada peserta LKMM-TM cara menjadi pemimpin yang baik. Dony menyebutkan alasan-alasan seseorang menjadi takut dalam membuat suatu keputusan. Menurut Dony, minder, overthinking, trauma, dan kurangnya wawasan menjadi alasan seorang pemimpin untuk menjadi takut dalam mengambil keputusan.

Dony juga membagi tips tentang bagaimana menjadi pemimpin yang baik. Menurut Dony, untuk menjadi pemimpin yang baik, seseorang harus dapat berdamai dengan masa lalunya, mengelilingi diri dengan orang yang tepat, menambah wawasan, belajar dari kesalahan, dan berani untuk melangkah.

“Kita harus sadar bahwa kepemimpinan tidak pernah berbicara tentang diri kita sendiri. Kita tidak akan menjadi besar jika kita terus memikirkan diri sendiri,” jelas Dony soal kepemimpinan.

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh David Ardhyan Sutanto, prodi teknik sipil, selaku ketua panitia LKMM-TM XXVII disusul oleh sambutan dari Monalisa Soetrisno, mahasiswa prodi teknik arsitektur, selaku ketua BEM dan Ir. Frederick Jones Syaranamual, M.Eng. selaku wakil rektor di bidang kemahasiswaan.

Pembukaan LKMM-TM XXVII dilakukan secara simbolik oleh David, Monalisa, dan Frederick dengan membuka simbol “WIN” yang merupakan bagian dari dekorasi di ruang AVT 503. Sesuai denga tema “Willingness to Initiate”, David berharap peserta yang hadir sebagai calon pemimpin dapat menjadi pemimpin yang tidak hanya bergerak terbawa arus tetapi juga tergerak untuk membawa perubahan bagi lingkungan sekitarnya.

Nah, ayo semangat sobat GENTA. Melalui kegiatan kita, mari kita bawa perubahan positif!

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More