NUNI Student Camp: Ajak Calon Pemimpin ‘tuk Berdampak

Fotografer: Clarita Ivone R.

NUNI Student Camp: Ajak Calon Pemimpin ‘tuk Berdampak

Oleh: Clarita Ivone R.

Nationwide University Network in Indonesia (NUNI) adalah bentuk kerjasama antar perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta se-Indonesia guna mencapai tri-dharma perguruan tinggi.

Berdiri sejak tahun 2011, terdapat 21 universitas yang tergabung sebagai anggota NUNI, termasuk Universitas Kristen (UK) Petra. Salah satu bentuk kerja sama yang sudah diciptakan adalah pertukaran dosen antar sesama anggota NUNI. Selain pertukaran dosen, NUNI juga menyediakan wadah bagi mahasiswa untuk mengkaryakan ide mereka. Wadah tersebut adalah NUNI Student Camp. Tahun 2018 merupakan kali kedua diadakannya NUNI Student Camp. Bertempat di Kampus Tiga Universitas Surabaya atau yang sering disebut Ubaya Training Center (UTC), acara ini berlangsung selama tiga hari mulai dari hari Minggu (08/07) hingga Selasa (10/07). Tema yang diusung adalah Building the New Leader: The Rise of Millennial in Leadership. 

Tema ini diangkat dengan tujuan untuk mengubah stereotype yang sudah menempel pada diri generasi millennial, seperti pemalas, kecanduan teknologi, dan cuek, serta menginspirasi mereka untuk menjadi pemimpin di masa mendatang. Para peserta pun diajak untuk mewujudkan hal ini melalui pelatihan yang terdiri dari materi serta penyelesaian masalah di lapangan. Salah satu materi dibawakan oleh Soegianto Tan, selaku pendiri Fun Master Academy. Ia memberikan materi dengan judul “The New Role of Millennial Leaders”. Soegianto menjabarkan bagaimana generasi millennial harus beradaptasi dan menyingkapi perkembangan zaman, sehingga bisa menjadi pemimpin yang sesuai dengan kebutuhan. Peserta pun harus melakukan kunjungan lapangan ke desa di sekitar UTC, dan melakukan observasi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh desa tersebut. Tidak berhenti sampai tahap observasi, peserta diminta untuk menemukan solusi dari permasalahan dan keunggulan yang didapati di setiap desa. Hal ini dilakukan untuk mengasah ide kreatif dari peserta, selaku generasi millennial, dalam mengatasi permasalahan selayaknya seorang pemimpin.

About the author /


Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More