Job Preparation Classes: Mempersiapkan Untuk Berkarya, Berkarya untuk Mempersiapkan

Fotografer : Jessica Sinarjo & Johannes Christanto

Job Preparation Classes: Mempersiapkan Untuk Berkarya, Berkarya untuk Mempersiapkan

Oleh: Livia Aqmarina

Kamis (09/02/2018), Petra Career Center atau yang juga biasa disebut dengan Pusat Karir (Puskar) kembali mengadakan seminar tahunannya, Job Preparation Classes. Kegiatan ini merupakan satu dari rangkaian kegiatan Pre Graduation Event Day, yang sesuai guna mempersiapkan kelulusan bagi para calon wisudawan. Namun, kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh para calon wisudawan saja, melainkan juga alumni Universitas Kristen (UK) Petra. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta dalam melakukan pilihan dalam bekerja nantinya. Kegiatan ini terbagi ke dalam 3 sesi dengan 2 pembicara yang telah memiliki pengalaman dalam dunia kerja dan pengaturan keuangan.

Jibie TengkoRecruitment Manager Standard Chartered Bank, membawakan 2 sesi bertajuk Preparing for Online and Offline Interviews dan Legal Aspects for Employee.

Preparing for Online and Offline Interviews

Pada sesi ini, Jibie memberikan sedikit gambaran bagaimana ketika telah terjun ke dalam dunia kerja, ia juga memberikan pengarahan kepada peserta mengenai apa saja yang tidak boleh dilakukan saat wawancara. Di tengah-tengah banyaknya bidang industri yang dapat ditekuni, diharapkan pada sesi satu ini peserta dapat mengetahui seperti apa pekerjaan yang mereka pilih dimasa mendatang.

Legal Aspects for Employee

Dalam sesi ini, Jibie menjelaskan tentang Undang-Undang (UU) yang berlaku dalam dunia kerja. Bahwa di dalam pekerjaan terdapat 2 buah jenis kontrak. Pertama adalah untuk Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) yang berarti tidak terikat kontrak. Dimana memiliki ciri khas yaitu bersifat harian atau daily worker. Sedangkan yang kedua, ialah Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT) yang artinya telah terikat kontrak maksimal dua tahun. Jibie menyarankan untuk terlebih dahulu melihat fasilitas yang diberikan oleh perusahaan seperti Asuransi Kesehatan (ASKES) sebelum menyetujui kontrak PKWTT.

Pada sesi ketiga, Yasmeen Danu mengisi seminar ini dengan tema  Salary Management for Certain Lifestyle. Sesi ini membahas tentang cara cerdas dalam mengelola keuangan.

Yasmeen Danu, yang merupakan pembicara sesi ketiga dengan tema Salary Management for Certain Lifestyle. Membahas tentang cara cerdas mengelola keuangan. “Jangan pernah gunakan kartu kredit, kecuali untuk membayar kebutuhan rumah tangga. misalkan bayar air, listrik, cicilan rumah supaya kita mampu mengendalikan gaya hidup kita,” jelas perempuan yang kini bekerja di perusahaan Panin Asset Management. Ia juga menyarankan agar peserta dapat melakukan investasi secara rutin. Bagi Yasmeen, terdapat 2 jenis dana penting semasa hidup, yaitu:

  • Dana Darurat untuk berjaga-jaga bila kita dipecat, mengalami kecelakaan dan perusahaan tidak memberikan ASKES.
  • Dana Pensiun, dana pensiun dinilai penting adanya karena juga harus memikirkan planning di hari tua nanti.

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More