International Day 2018 : Eduventure

Fotografer: Boby Kristiyanto

International Day 2018 : Eduventure

Oleh: Yohana Suwanto dan Marselina Rusli

Hi Sobat GENTA! Petra Mate dan Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) kembali menyelenggarakan acara International Day (I-Day). Bertajuk ‘Eduventure’, mahasiswa Universitas Kristen (UK) Petra diajak lebih mengenal kebudayaan asing (Cross Cultural Interaction). Beragam acara diadakan untuk memeriahkan acara ini. Tahun ini, hadir 10 mitra Universitas Kristen (UK) Petra dari luar negeri, yaitu dari Thailand, Korea Selatan, Jepang, Inggris, China, Taiwan, dan Bangladesh beserta enam kantor perwakilan negara lain, yaitu dari Amerika Serikat, Australia, Taiwan, Perancis, Jerman, dan Belanda.

Acara yang telah dimulai sejak Kamis (22/03/2018) ini diawali dengan ‘Languange Class’ yang difasilitasi mahasiswa asing. Tujuan kelas bahasa ini, sebagai sarana edukasi kepada mahasiswa Universitas Kristen (UK) Petra, sekaligus membangun hubungan yang baik antara mahasiswa asing dan mahasiswa UK Petra.

Jumat (23/03/2018), menjadi puncak kegiatan I-Day ini. Bertempat di Auditorium UK Petra, diadakan talkshow bersama Prof. Dr. Djwantoro Hardjito, M.Eng. bersama Perwakilan Konsulat Australia di Surabaya dengan tajuk ‘Seizing the International Opportunity: Generation Z’s Endeavour in Globalized World’. Setelah talkshow berakhir, di depan Auditorium terdapat booth yang memfasilitasi mahasiswa dan orang tua mahasiswa untuk mendapatkan informasi mengenai studi lanjut. Selain itu, terdapat pula enam booth budaya mahasiswa internasional UK Petra, yaitu dari Korea Selatan, Jerman, Belanda, Timor Leste, Jepang, dan China. Di booth budaya ini, mahasiswa internasional mengenakan pakaian khas negaranya serta menyajikan makanan khas negaranya. Tak lupa, terdapat photobooth juga.

Masih ada satu lagi rangkaian kegiatan I-Day. Tahun ini, hadir sembilan pembicara yang terdiri dari berbagai negara untuk memberikan kelas internasional bagi mahasiswa UK Petra. Sembilan pembicara tersebut adalah Rezia Usman (Solbridge International School of Business, Korea Selatan), Mr. Syed Raihan-Ul-Islam (Daffodil International University, Bangladesh), Dr. Hsin-Yun Lee (National Taiwan University of Science and Technology, Taiwan), Mrs. Wang Jiaping (Zhejiang Yuexiu University of Foreign Languages, China), Prof. Junichi Watanabe (Josai International University, Japan), Prof. Hekyung Kim (Dongseo Unviersity, Korea Selatan), Prof. Terrence Perera (Sheffield Hallam University, Inggris), Assoc. Prof. De. Sukhgij Ysothonsreeku (Naresuan University, Thailand), dan Prof. Pennung Warnitchai (Asian Institute of Technology, Thailand).

“Jika ingin anak mereka maju dan bersaing dengan orang luar, maka orang tua bersedia mengirimkan anaknya ke luar (luar negeri, red), agar tidak seperti katak dalam tempurung,” ujar Djwantoro dalam kesempatan press conference. 

Wah, meriah sekali I-Day 2018! Semoga informasi yang didapatkan dari rangkaian kegiatan I-Day bermanfaat. Sampai bertemu di I-Day tahun depan!

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More