Global and Indonesia Economy Outlook 2018: Prediksi Ekonomi Tahun Depan

GLOBAL_FERDI JC-5

Global and Indonesia Economy Outlook 2018: Prediksi Ekonomi Tahun Depan

Oleh : Jeffry

Jumat (17/11/2017) diadakan acara kedua dari rangkaian Accounting Talk Series oleh prodi International Business Accounting (IBAcc) Universitas Kristen (UK) Petra. Acara yang bertempat di ruang Audio Visual Gedung T (AVT) 503 ini dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswa prodi IBAcc serta dua orang guru dari SMA Petra 4 dan SMA Vita Surabaya.

Acara dibuka dengan doa dan dilanjutkan dengan materi oleh pembicara pertama. Pembicara pertama adalah Prof. Lee Chew Ging yang merupakan dekan faculty of Arts and Social Science dari University of Nottingham Malaysia. Lee membawakan materinya dalam bahasa Inggris dan membahas tentang ekonomi internasional yang dinilainya luar biasa dan mengerikan.

Lee mengungkap jika saat ini, Cina berada di posisi terkuat dan sangat mungkin menjadi ancaman sekaligus penolong bagi ekonomi dunia. Cina dinilai sebagai negara potensial yang telah membantu kebutuhan negara-negara ASEAN hingga Amerika, tetapi juga bisa menjadi penghancur negara-negara yang dibantunya. Lee juga menegaskan lewat berbagai macam tabel dan grafik jika aktifitas ekonomi paling tinggi berada di Cina dengan rasio perkembangan 3,1 dan rate of growth 13,2 persen.

Materi kedua dibawakan oleh Devie Deviesa, Ph.D yang juga merupakan salah satu dosen prodi IBAcc. Devie mengkiritisi ekonomi Indonesia, bagaimana perkembangan dan masalah yang selama ini ada di negera kita sendiri. Masalah-masalah yang harus segera ditemukan solusinya jika ingin memajukan ekonomi Indonesia. Devie menilai jika pendidikan dan sumber daya manusia bisa ditingkatkan untuk masyarakat Indonesia, maka perekonomian Indonesia yang sempurna bisa terwujud.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada kedua pembicara. “Kita harus bisa bersaing di dalam perkembangan ini melalui pendidikan dan potensial kita,” kata Devie. “Kita harus bisa berpikir positif, Indonesia sedang dalam tahap menuju kesempurnaan.” tutupnya. Acara kemudian diakhiri oleh doa penutup oleh panitia.

Banyak sekali pengetahuan yang didapat dari Accounting Talk Series ini. Tidak ada ruginya sama sekali hadir di seminar-seminar ini loh, SOBAT Genta! Kita jadi tahu apa saja yang terjadi di dunia perekonomian dunia untuk setahun kedepan. Jadi, sudah siap menghadapi perekonomian tahun 2018, kan?

Tagged with:     , ,

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *