Donor Darah UK Petra: Kita Bisa Berdampak!

Fotografer: Jessica Sinarjo

Donor Darah UK Petra: Kita Bisa Berdampak!

Oleh : Joana

Sehubung dengan terjadinya peristiwa pengeboman sejumlah gereja  di wilayah Surabaya beberapa waktu yang lalu, aksi donor darah rutin yang diselenggarakan Korps Sukarela (KSR) Universitas Kristen (UK) Petra bekerja sama dengan PMI Kota Surabaya kali ini mengajak masyarakat umum dan para mahasiswa untuk ikut menyumbangkan darahnya bagi sesama yang membutuhkan.

Jumat (25/05/18) beberapa pendonor berdatangan di ruang E.01.10A UK Petra sejak pukul 09.00 WIB.  Sebelum pengambilan darah, para pendonor terlebih dahulu diperiksa kondisi kesehatan tubuh dan darahnya. Jika telah memenuhi syarat, peserta dapat langsung mendonorkan darahnya. Darah yang didapat dari kegiatan ini nantinya akan disimpan dan didistribusikan PMI Kota Surabaya. Kegiatan donor darah di UK Petra diselenggarakan secara rutin setiap tiga bulan sekali. Donor darah yang kali ini merupakan yang terakhir untuk periode 2017/2018.

Febrian Anthoni, salah seorang panitia kegiatan donor darah mengatakan kegiatan donor darah rutin yang diselenggarakan berbagai pihak di Kota Surabaya selama ini terbukti sangat berdampak. “Karena sudah rutin dilaksanakan, saat tragedi pengeboman terjadi, PMI setidaknya sudah memiliki stok darah cadangan yang dapat digunakan sehingga lebih banyak korban yang dapat terselamatkan,” begitu ujarnya.

Tak hanya bagi kesehatan tubuh si pendonor. Donor darah pasti membawa dampak yang baik bagi sesama manusia. Tujuannya, agar sebagai warga Kota Surabaya yang turut peduli, kita semua dapat sadar kita dapat ikut berdampak melalui hal-hal sederhana. Salah satunya, mengikuti kegiatan donor darah yang secara rutin diselenggarakan kampus kita. Barangkali, di permukaan tindakan kita terlihat tidak signifikan. Tetapi, ingatlah setiap perbuatan baik- sekecil apapun itu dapat membawa sebuah perubahan besar menuju kehidupan yang lebih baik. Mari berdampak! Mari peduli!

About the author /


Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan
Posted in: Feature

Majalah Kampus di Ambang Keterpurukan Oleh: Veronica Maureen Sebanyak 1000 eksemplar majalah GENTA dicetak setiap edisinya yang seharusnya menjadi sumber pengetahuan baru bagi seluruh sivitas, tak terkecuali mahasiswa. Dan mungkin, sudut pandang paling tepat dalam menentukan keberhasilan pembuatan GENTA adalah dengan menilai sejauh mana informasi dan pengetahuan yang dituliskan mampu diterima oleh seluruh sivitas. Rendahnya […]

Read More