Day 2 International Business Competition

Pada hari kedua ini (15/2/2013), seluruh tim yang telah lolos babak pertama International Business Competition  berkumpul di  ruang AVT.502 pada jam 9 pagi. Tim-tim tersebut telah berhasil memasuki 10 besar dari total 39 tim pada hari pertama. Tim-tim dari Petra 1 mendominasi perlombaan ini. Mereka diberikan pengarahan tentang pos-pos yang akan mereka kunjungi. Pos pertama dimulai dari gedung Universitas Kristen Petra. Salah satu kegiatan yang mereka lakukan di pos pertama adalah menjual member card dari salah satu restoran. Harga yang diberikan panitia adalah Rp 80.000, jika mereka berhasil menjual dari harga itu, kelebihannya dapat mereka ambil. Salah satu tim dari  SMA Kristen Petra 1 berhasil menjual 1 member card seharga Rp 90.000, sedangkan tim lain ada yang tidak menjual satupun.

Pos selanjutnya yaitu Kenjeran Park. Mereka diharuskan untuk menaiki bemo dengan uang yang telah ditentukan oleh panitia untuk sampai ke setiap pos. Walaupun harus berpanas-panas, tetapi itu tidak menyurutkan semangat mereka. Di pos kedua ini, mereka bermain di 4 pos dan berusaha mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya.

Setelah jam menunjukkan pukul setengah 4 sore, mereka berpindah ke pos 3 yang bertempat di Pasar Atum.Di pos ini, mereka harus mencari barang yang telah ditentukan oleh panitia. Mereka harus bisa menebak petunjuk yang telah diberikan. Para peserta harys mendapatkan barang tersebut dalam waktu 30 menit sebelum mereka menuju pos selanjutnya. “Sebenarnya pos ke-4 ada di Balai Kota, tapi karena waktunya jadi tidak cukup, maka kompetisi langsung dilanjutkan ke pos berikutnya,” ujar Kevin dan Stevie yang menjadi divisi acara pada perlombaan ini.

Pos yang mereka kunjungi selanjutnya bertempat di salah satu restoran cepat saji di salah satu mal di daerah Margorejo. Sayang sekali cuaca menjadi buruk sehingga mereka ada yang kehujanan. Tetapi walaupun demikian, mereka tetap bersemangat untuk bermain. Bahkan ada salah satu kelompok yang rela menghabiskan uang yang telah mereka kumpulkan untuk membeli es krim. “Lombanya asik kok, apalagi yang hari pertama kemarin. Tegang rasanya melihat grafik saham itu,” kata Johan yang berasal dari SMA Kristen Petra 1. Pos terakhir ada di restoran yang member card-nya dijual oleh para peserta di pos pertama. Tetapi karena hujan bertambah deras, maka hanya sebagian tim saja yang berhasil mencapai sana. Sedangkan tim lain melanjutkan permainan di Universitas Krsiten Petra.

Setelah melewati hari yang panjang dan melelahkan, akhirnya tiba saat untuk pengumuman tim-tim yang lolos ke babak selanjutnya. Ruangan menjadi tegang karena mereka sibuk berdoa untuk tim mereka. Dan yang dapat melanjutkan babak 3 keesokan harinya ada 6 tim. Mereka yang berhasil lolos harus mempersiapkan ide bisnis yang sangat kreatif untuk dipresentasikan di depan juri keesokan harinya. “Wah, kita lolos! Aku pikir gak lolos,” seru tim dari  SMA Gloria 2 dengan tawa bahagia. (Elv)

Tagged with:     ,

About the author /


Pers Mahasiswa Genta

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *