Dalami Broadcasting Radio Melalui Radio Announcing Workshop

Fotografer: Winnie Tungmiharja dan William Evan

Dalami Broadcasting Radio Melalui Radio Announcing Workshop

Oleh: Clarisa Michelle Eugenia

Sabtu (30/3/2019) Laboratorium Radio Universitas Kristen (UK) Petra mengadakan Radio Announcing Workshop. Acara ini dilaksanakan di Laboratorium Radio Gedung C204 UK Petra. Radio Announcing Workshop diadakan dengan latar belakang keinginan untuk memberikan edukasi lebih mengenai bagaimana cara menjadi penyiar yang baik khususnya bagi penyiar Petra Campus Radio (PCR). Selain dihadiri oleh penyiar PCR, acara ini juga terbuka untuk mahasiswa lain.

Acara ini terdiri dari berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan pada hari berbeda. Pada hari pertama, Sabtu (23/3/2019) acara diisi oleh Dr. H. Judy Djoko Wahyono Thahjo. Dalam sesinya, Judy memberikan edukasi kepada peserta mengenai cara menulis dan membaca script, teknik vokal, serta intonasi dalam membacakan berita. Sedangkan pada hari kedua, Sabtu (30/3/2019) Radio Announcing Workshop diisi oleh Putu Gede sebagai pembicaranya. Pada kesempatan kali, ini Putu menyampaikan bagaimana caranya menjadi penyiar untuk menyampaikan iklan layanan masyarakat dan iklan berbayar. Pada hari kedua ini juga peserta diajak untuk praktik audio.

Acara ini juga tentu memiliki manfaat tersendri bagi peserta. Hal inilah yang menjadi alasan mereka untuk mengikuti Radio Announcing Workshop. Melalui wawancara dengan Jeffrey Hendrawan, GENTA mengerti bahwa melalui acara ini Jeffrey mendapat pelajaran mengenai broadcasting terutama broadcasting radio. “Awalnya aku pingin belajar tentang dunia broadcasting, terutama broadcasting radio, dan menurutku melalui workshop ini aku belajar keluar dari zona nyamanku dan nambah ilmu penyiaran juga,” ujar mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi ini. Jeffrey juga berharap acara ini dapat dilaksanakan lagi. “Harapannya supaya workshop seperti kemarin bisa terlaksana lagi, karena berguna banget buat kita dalam segala aspek, terutama komunikasi dan juga karir kita ke depan,” ujar Jeffrey.

Dari acara ini Jane Elizabeth Sutanto selaku ketua acara, berharap agar melalui acara ini penyiar PCR dapat memberikan performa terbaik mereka melalui edukasi yang telah mereka dapatkan. “Harapannya supaya penyiar PCR ini bisa menerapkan semua yang sudah diajarkan, supaya PCR lebih maju,” tutur mahasiswi ini.

Sobat GENTA, adakah dari kalian yang tertarik untuk memperdalam ilmu dalam broadcasting radio? Jika ada yuk, ikut workshop-nya dilain kesempatan!

About the author /


Avatar