Ayo Buka Mata, Jangan Apatis!

Fotografer: William Evan

Ayo Buka Mata, Jangan Apatis!

Oleh: Clarisa Michelle Eugenia

Jumat (16/11/2018) Badan Eksekutif Mahasiswa menggelar forum diskusi Milenial Melek Politik. Acara ini diadakan di ruang Audio Visual Gedung T (AVT) 503 Universitas Kristen Petra. Milenial Melek Politik bertujuan mengedukasi mahasiswa mengenai politik kepada guna menyambut tahun politik yang jatuh pada 2019 medatang.

Acara ini diramaikan dengan kehadiran Cania Citta IrlanieHead of Content di geolive.id, sebagai pembicara. Acara yang diikuti oleh 207 peserta ini memiliki dua pokok bahasan, yaitu politik dan pajak. Pada sesi pertama Cania menyampaikan apa yang seharusnya diterapkan ketika menjalani kehidupan sehari-hari dari segi politik. “You have to be political in whatever you’re doing. Apapun yang bisa mempengaruhi pikiran loe hari ini, dia yang menentukan peradaban. Maka dari itu, partisipasi politik tidak hanya vote di kertas pemilu tapi vote disemua hal yang loe lakuin,” tegasnya. Selain itu, Cania juga menjelaskan bahwa kita harus sadar kalau kita memberikan banyak uang dari pajak ke negara kita, sehingga kita harus mau peduli dengan siapa yang mengolah uang tersebut.

Selain seminar, kegiatan ini juga dilengkapi dengan diskusi kelompok. Pada sesi diskusi, peserta terbagi menjadi kelompok-kelompok kecil. Terdapat dua pokok bahasan diskusi. Sesi pertama membahas mengenai tindakan politik konkret apa yang bisa peserta lakukan. Sedangkan pada sesi kedua, peserta memberikan pendapat mereka mengenai golongan putih (golput).

Joana Gunawan selaku ketua panitia memiliki kesan baik terhadap acara ini. “Anak UKP itu nggak seapatis itu, mereka ada keinginan berkembang cuma selama ini tidak ada fasilitasnya. Jadi dari sini aku bisa tahu, kalau this works for UKP untuk kedepannya bisa dilanjutkan dengan acara yang memiliki skala lebih besar dan sistem yang lebih baik,” ungkap Joana

Nah Sobat GENTA, yuk mulai peduli dengan dunia politik di negara kita. Seperti yang diungkapkan Elisabeth Glory, Master of Ceremony Milenial Melek Politik, politik mempengaruhi setiap langkahmu, jangan netral kalau tidak suka, dan jangan apatis kalau mau berubah. Salam semangat pemuda!

About the author /


Avatar

Scroll Up