Petra Esports Challenge: Menjalin Komunitas Melalui Kompetisi

Fotografer: Feilly Valentina

Petra Esports Challenge: Menjalin Komunitas Melalui Kompetisi

Oleh: Audie Ferrell

Mendorong proliferasi konsep immersive technology dan gamification di bidang pendidikan, Universitas Kristen (UK) Petra kian aktif mewadahi berbagai kegiatan inovatif. Salah satunya adalah kegiatan Petra Christian University (PCU) E-sports Challenge yang digelar oleh Petra Digital Institute (PDI) bersama dengan Program Internet of Things (IoT) dan Petra E-sports. Petra E-sports sendiri merupakan klub komunitas e-sports yang berada di bawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UK Petra. Kompetisi olahraga elektronik nasional yang pertama kali digelar di lingkup UK Petra ini terdiri dari turnamen video gim Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) dan Valorant. Sebanyak 277 tim yang berasal dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Indonesia turut berpartisipasi dalam kompetisi ini.

Rabu (09/11/2022), rangkaian acara dibuka dengan technical meeting yang diadakan secara daring melalui media Zoom. Pukul 19.20 WIB, Felix Pasila, Ph.D. selaku direktur PDI menuturkan sambutannya. Menurut Felix, bermain gim bukan merupakan halangan dalam proses menimba ilmu, melainkan menjadi fasilitas proses pembelajaran yang efektif dan mampu mempersiapkan pelajar dalam menghadapi revolusi digital. “Gim adalah prasarana untuk bisa bermain dan berimajinasi dengan baik,” tuturnya. Selain itu, pria kelahiran Kendari itu juga memperkenalkan platform pembelajaran digital milik UK Petra, yaitu PetraVerse. Mengangkat konsep asynchronous learning, Felix berharap, platform modul mata kuliah daring ini dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang menarik dan terjangkau bagi komunitas pelajar di Indonesia.

Seusai itu, Yefta Nathaniel Watson selaku ketua acara juga turut menyapa peserta turnamen. Dalam sambutannya, ia mengajak peserta untuk bersama membentuk komunitas setelah kompetisi selesai, guna menghadapi perkembangan dunia e-sports yang sangat kompetitif. Setelah penjelasan teknis dan pengundian bracket turnamen, rangkaian acara hari pertama ditutup dengan sesi tanya jawab dan doa.

Kompetisi berlanjut dengan sesi kualifikasi yang digelar pada Kamis (10/11/2022). Dipandu dari ruang Laboratorium Virtual Reality (VR) PDI, acara yang diselenggarakan secara daring ini juga disiarkan melalui kanal YouTube UK Petra. Pukul 16.30 WIB, pagelaran kualifikasi dibuka oleh Clifford Hans dan Allessandro Nathanielle selaku master of ceremonies (MC) dan caster MLBB. Sementara jajaran pertandingan kualifikasi Valorant dipandu oleh Merry Indah dan Edbert Nathaniel sebagai caster.

Delapan tim yang lolos babak kualifikasi pun bersaing memperebutkan gelar juara dalam putaran final yang digelar pada Sabtu (12/11/2022). Kejuaraan kategori Valorant dimenangkan oleh tim SMAK St. Louis 1 Surabaya, sementara gelar juara dua dan tiga diraih oleh tim SMA Kr. Kanaan Banjarmasin dan SMK Strada 1 Jakarta. Di kategori MLBB, tim SMK Letris 2 Indonesia sukses menyabet gelar juara setelah berlaga dengan SMAK Santa Maria 1 Bandung. Sementara perebutan posisi juara tiga dimenangkan oleh SMK Negeri 3 Surabaya. Selepas sesi wawancara dengan perwakilan kedua regu juara, ditayangkan pula video ucapan selamat dari Yulia, S.T., M.Kom. selaku Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) UK Petra.

Ada banyak manfaat yang dapat dicapai melalui partisipasi dalam olahraga elektronik, mulai dari kompetensi memimpin, adaptasi, hingga kerjasama tim. Selain itu, video gim juga dapat menjadi sarana unik melatih kecakapan digital guna memenuhi perkembangan zaman. Manisnya prestasi kemenangan dapat menjadi motivasi memegang teguh komitmen lifelong learning. Dengan demikian, Sobat GENTA harus terus bergairah berkarya, berkompetisi, dan berimajinasi dalam menggumuli pembaharuan zaman ya!

About the author /