The Call from God is The Call to Serve

Fotografer: Divisi Publikasi, Dekorasi, Dokumentasi ACTS

The Call from God is The Call to Serve

Oleh: Clarisa Michelle Eugenia

Sudahkah Sobat GENTA menyadari panggilan Tuhan untuk melayani sesama?

Senin (3/9/2018), Tim Petra Sinergi (TPS) mengadakan kegiatan  A Calling To Serve at Petra (ACTS).  Kegiatan yang diadakan di Auditorium Gedung K Universitas Kristen (UK) Petra ini mengajak mahasiswa baru angkatan 2018 untuk bersama-sama merenungkan panggilan Tuhan dalam hidup mereka. Mengangkat tema The Chosen Arrow, ACTS dikemas dalam bentuk sharing dari Lembaga Kemahasiswaan (LK) yang ada di UK Petra.

Tidak jarang di antara kita, terutama mahasiswa baru masih bertanya-tanya apa saja hal yang kita dapatkan selama berproses bersama di LK. Kalau bicara soal manfaat yang dapat kita petik, yang terbesit di benak kita sering kali adalah belajar berorganisasi dan memimpin. Padahal, masih banyak manfaat-manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari mengikuti LK. Sharing kali ini mengajak mahasiswa untuk mengulik lebih dalam lagi manfaat yang dapat diperoleh dari mengikuti LK.

Satu kisah datang dari Jemmy Gunawan, Ketua TPS periode 2018/2019 yang kerap kali berhubungan dengan mahasiswa baru, astor dan mentor. Tentu bukan hal yang mudah untuk berinteraksi dengan orang lain apalagi dengan karakter yang berbeda, tetapi dari TPS ia mengaku dapat belajar untuk menghadapi mereka. Cerita berbeda datang dari Cindy Wijaya, Ketua Himpunan Mahasiswa Arsitektur Petra (HIMAARTRA) periode 2018/2019. “Bagaimana cara kita memperkenalkan Tuhan lewat jurusan kita, time management, dan juga yang paling penting adalah manajemen emosi kita sendiri, bagaimana kita berperilaku terhadap sesama dan dosen,” tuturnya.

Masih banyak lagi LK di UK Petra seperti Pelayanan Mahasiswa (PELMA) yang berkecimpung di bidang kerohanian dan dapat diibaratkan sebagai penjala manusia, Koperasi Mahasiswa (KOPMA) yang identik dengan kewirausahaan, hingga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang secara garis besar merupakan eksekutor program.

Kegiatan ini memiliki manfaat tersendiri bagi mahasiswa baru,  seperti penuturan Christiana Natalia dari Program Studi (Prodi) Teknik Arsitektur. “Dari acara ini aku dapat mengetahui cara kerja setiap LK yang ada di UK Petra, suka dan duka yang dialami ketika melayani lewat LK. Setelah ikut acara ini aku semakin berminat untuk ikut LK,” jawabnya.

Bukan hanya manfaat, tetapi mereka juga mendapat harapan baru bagi diri mereka sendiri. “Aku berharap agar aku dapat melayani Tuhan dengan melayani sesama bagi LK yang ada di UK Petra. Dari acara ini aku harap aku dapat lebih yakin dan mantap untuk melayani,” harap Marcel, salah satu mahasiswa Prodi Teknik Industri.

‘Nah Sobat GENTA, tentunya setiap LK tidak terlepas dari visi UK Petra, yaitu to be a caring and global university with commitment to Christian values. Hal ini menyatakan bahwa setiap kerjanya akan berdasarkan dan mencerminkan nilai Kristiani, dan setiap fungsionarisnya dapat berdampak.

About the author /


Avatar