Tabung Pengalaman dan Soft Skill Sebelum Turun ke Lapangan!

Tabung Pengalaman dan Soft Skill Sebelum Turun ke Lapangan!

Oleh: Alvin Ramasurya Wony’s

Pada awal semester ganjil, sudah menjadi sebuah kebiasaan bahwa setiap program studi (prodi) akan mengadakan kegiatan pengenalan kepanitiaan kepada mahasiswa baru. Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Petra (HIMATITRA) menjadi salah satunya. Sabtu (15/9/2018), HIMATITRA mengadakan kegiatan Bank Panitia hari pertama di Ruang Audio Visual Gedung T 503. Mengangkat tema “INSIDE: Introduce and Search Interpersonal Development”, bank panitia kali ini ingin memperkenalkan mahasiswa baru kepada kepanitaan. Tidak berhenti sampai di sana, HIMATITRA juga ingin mencari divisi yang cocok bagi setiap mahasiswa baru. Setelah itu, kemampuan mereka dikembangkan sesuai dengan divisi yang mereka pilih.

Kegiatan hari pertama berupa sesi talkshow. Pada talkshow ini terdapat lima pembicara yang merupakan mahasiswa Prodi Teknik Industri angkatan 2015 dan 2016. Masing-masing pembicara mewakili satu divisi dalam kepanitiaan. Mereka menjelaskan mengenai job description dari masing-masing divisi, dan menjawab pertanyaaan yang muncul dari para peserta.Salah satu pertanyaan yang unik yaitu, “Mengapa kita sebagai mahasiswa mau bergabung dalam kepanitiaan dan ‘bekerja’ untuk universitas padahal hanya mendapat Satuan Kredit Kegiatan Kemahasiswaan (SKKK) sebagai imbalannya?” Untuk kasus ini, para pembicara mengatakan bahwa semua itu kembali ke pribadi masing-masing mahasiswa. Menurut mereka, daripada memikirkan mengenai kerja keras yang hanya “dibayar” SKKK, lebih baik jika kita memikirkan manfaat yang bisa kita dapatkan melalui kepanitiaan. Pengalaman dan soft skill yang didapatkan akan sangat membantu mahasiswa setelah lulus dan masuk ke dunia kerja nanti. Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa tidak boleh minder dan patah semangat.

Pada akhir kegiatan hari pertama, para peserta mengisi tes untuk mengetahui dalam divisi mana mereka cocok ditempatkan. Hasil tes ini kemudian digunakan untuk menempatkan peserta ke dalam kelas-kelas pada hari kedua. Di dalam kelas-kelas ini para peserta diajarkan lebih dalam mengenai divisi berdasarkan hasil tes mereka.

Bryan Alexander Setiady Ong sebagai ketua kegiatan berharap agar para peserta dapat belajar banyak dari kegiatan ini. “Harapannya agar peserta bisa belajar banyak dan menabung soft skill dan pengalaman yang dibutuhkan untuk mengikuti kepanitiaan di UK Petra ini”, ujar Bryan.

About the author /


Avatar