Prime Time Ajak Peserta Kenali Tujuan Mereka Lebih Dalam

Fotografer: Jeremy S. K.

Prime Time Ajak Peserta Kenali Tujuan Mereka Lebih Dalam

Oleh: Ariono Santosa

Himpunan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Petra (HIMAVISTRA) mengadakan acara Prime Time di Skale Space Surabaya. Tema dari acara Prime Time kali ini adalah “Laboartory”. Terdiri dari kata “Laboratory” dan “Art” yang mengacu pada pentingnya bereksperimen untuk menemukan diri kita dalam dunia desain. Anastasya Olivia, ketua penyelenggara Prime Time 2019, merasa bahwa masih banyak mahasiswa yang kebingungan dalam memilih konsentrasi studinya. Ia percaya bahwa semua manusia sedang dalam perjalanan mencari sesuatu, tapi tidak mengerti cara untuk mencapai tujuan tersebut. Prime Time ingin menjadi wadah bagi orang-orang untuk bisa lebih dekat dengan apa yang mereka cari.

Prime Time tahun ini merupakan Prime Time ke-5 yang diadakan oleh HIMAVISTRA. Dibagi menjadi dua hari, yaitu Sabtu (4/5/2019) dan Minggu (5/5/2019), acara ini terbuka untuk umum. Pada hari Sabtu, acara utamanya adalah workshop yang dibawakan oleh Ache Andini atau sering dikenal dengan nama Achebong. Achebong merupakan seniman kolase. Untuk karyanya, ia suka mengubah barang lama yang kurang berharga menjadi barang yang lebih berharga dengan merubah warna dan polanya. Setelah workshop, ada acara perkumpulan antar himpunan mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual seluruh Surabaya. Pada perkumpulan itu, dibahas mengenai hal-hal yang sedang terjadi dalam dunia desain.

Pada hari kedua, acara utamanya adalah talk show yang dibawakan oleh Nengiren, seorang mahasiswi DKV lulusan Universitas Kristen (UK) Petra yang mengambil konsentrasi studi advertising. Ia beberapa kali memenangi lomba-lomba desain dan darisana ia banyak belajar tentang dirinya sendiri. Akhirnya, ia memutuskan untuk mengambil bidang ilustrasi sebagai karir meskipun tidak sesuai dengan konsentrasi studi yang ia ambil saat masih kuliah. Selain itu, juga ada talk show dari cabang Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) di Surabaya. Talk show kedua ini membahas mengenai apa yang akan dilakukan mahasiswa setelah lulus sebagai fresh graduate dan berbagai peluang yang ada dalam dunia desain. Melalui kegiatan ini, Anastasya berharap agar peserta bisa mengetahui tujuan hidup dan fokus dengan apa yang dikerjakan, serta bisa mendapatkan koneksi-koneksi baru dalam dunia desain.

About the author /


Avatar