Petra Edutainment : Let’s Be Aware of Mental Depression!

Fotografer: Divisi Piblikasi, Dekorasi, dan Dokumentasi

Petra Edutainment: Let’s Be Aware of Mental Depression!

Oleh: Nikita Luisa

Dalam menghadapi dunia perkuliahan, tentunya tidak sedikit masalah yang dialami oleh mahasiswa. Tak urung, hal ini membuat generasi milenial cukup stres dengan masalah kehidupan yang dihadapi. Maka dari itu, seminar “Let’s Talk About Stress” yang diadakan agar para generasi milenial mampu lebih sadar terhadap masalah kesehatan mental, dan mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Pada hari Jumat (17/5/2019) kemarin, acara ini diadakan di ruang Ruang Konferensi 4 Lantai 10, gedung W dan menghadirkan salah satu pembicara yang telah berpengalaman dalam bidangnya, yakni Yessyca Diana Gabrielle, M.Psi., Psikolog., CH., CHT., CMHT., CI.. Acara ini mengambil tema khusus yaitu “Awareness of Mental Depression.”

Yessyca sendiri banyak berujar bahwa generasi milenial cenderung lebih rentan mengalami frustrasi dan stres ketika tidak dapat melakukan sesuatu. Banyak sekali tanda-tanda stres yang berkepanjangan, seperti contoh keluhan tanpa sebab yang dapat mengarah pada anorexia atau insomnia. Pada talk show hari itu juga, Yessyca sempat memberikan beberapa tes untuk mengetahui apakah peserta sedang mengalami stres atau tidak. Namun, bagaimana cara yang tepat untuk menangani hal ini? Jawabannya adalah temukan penyebab khusus, yakni akar masalah dari depresi tersebut, kemudian, belajarlah untuk mengontrolnya. Apabila tidak berhasil, carilah bantuan dari orang terdekat.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab serta pemutaran video dari PKPP sebagai fasilitas konseling Universitas Kristen (UK) Petra bagi orang-orang yang membutuhkan bantuan dalam hal ini. Acara ini tentu saja memberikan kesan yang membekas bagi pesertanya, salah satunya adalah Elisa Febriany selaku mahasiswi jurusan International Business Management angkatan 2018. “Aku orangnya gampang depresi dan stress, dan acara ini lumayan membantu dan menarik buat aku,” ungkapnya.

Sobat GENTA, mari kita aware terhadap kesehatan mental kita sendiri. Kini saatnya bagi kita untuk saling membantu satu sama lain, mari semakin peduli terhadap lingkungan sekitar dan lebih terbuka dalam menghadapi masalah kesehatan mental. Let’s be aware of mental depression!

About the author /


Avatar

Scroll Up