Perjalanan 57 Tahun UK Petra Berkarya di Dunia Pendidikan

Rapat Terbuka dalam rangka Dies Natalis UK Petra ke-57

Fotografer : Sesilia Alexandra & Jeremy S.

Perjalanan 57 Tahun UK Petra Berkarya di Dunia Pendidikan

Oleh : Nikita Luisa

Lima puluh tujuh tahun telah berlalu semenjak Universitas Kristen (UK) Petra mencetak nama di dunia pendidikan. Senin (24/9/2018), bertempat di Auditorium Kampus Timur, Rapat Terbuka Senat UK Petra diselenggarakan untuk memperingati Dies Natalis ke-57.

Pukul 10.00 tepat, acara dimulai dengan perarakan anggota senat. Setelahnya, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng. membuka secara resmi Rapat Terbuka Senat UK Petra dalam rangka Dies Natalis ke 57. Pendeta Andreas Catur W., S.Th., menyampaikan doa dan renungan pada siang hari itu. Mengangkat tema “Allah bekerja dalam segala sesuatu,” Andreas menyampaikan bahwa perjalanan 57 tahun UK Petra tentunya berasal dari rencana Allah.

Acara di lanjutkan dengan persembahan lagu Harvest of Price dari Paduan Suara UK Petra. Djwantoro selaku rektor UK Petra, melaporkan banyak kenaikan signifikan yang terjadi seiring dengan perjalanan UK Petra. Baik dari segi kualitas program studi (prodi) maupun dalam segi kuantitas mahasiswa baru yang mengalami peningkatan 20,5% dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Setelah 57 tahun berkarya di dunia pendidikan, tahun ini, UK Petra meraih peringkat 4 universitas swasta terbaik se-Indonesia dalam peringkat universitas Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. “Tahun ini, UK Petra mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah dari dua acara besar, yakni Asian University Presidents Forum (AUPF) pada bulan November 2018 dan Asian Summer program pada bulan Juli 2019,” tutur Djwantoro.

Lagu Himne Petra pun dikumandangkan setelah laporan rektor berakhir. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian beasiswa, penghargaan bagi mahasiswa berprestasi, penghargaan untuk prodi dengan kegiatan internasional terbanyak, penghargaan bagi para dosen berprestasi serta penghargaan bagi tiap prodi yang memberikan prestasi pada UK Petra. Kemudian pemberian penghargaan diakhiri dengan pemberian penghargaan Petra Kencana Karya, yakni penghargaan bagi para pegawai akademik maupun persona kependidikan yang telah bekerja selama kurang lebih 20 tahun.

Pada akhirnya, rangkaian acara Dies Natalis ke-57 pun ditutup dengan nyanyian dari paduan suara dan doa. Meski telah meraih segudang prestasi, UK Petra masih memiliki banyak hal yang harus diperbaiki serta ditingkatkan. Maka dari itu, Sobat GENTA, mari kita tetap berjuang dan tetap rendah hati dalam menjalankan segala aktivitas dan tindakan kita. Happy 57th anniversary, UK Petra!

Tagged with:     , , ,

About the author /


Avatar