Perdalam Pengetahuan Mengenai Kopi Lewat Workshop Coffee Sharing Session

Fotografer : Jeremy S. Kosasih

Perdalam Pengetahuan Mengenai Kopi Lewat Workshop Coffee Sharing Session

Oleh : Nikita Luisa

“Sharing, Learning, and Fruitful”, tema utama Rekarasa ,student lounge Universitas Kristen (UK) Petra, itulah yang menjadi motivasi utama terciptanya Workshop Coffee Sharing Session and Coffee Cupping pada Rabu (5/12/2018) kemarin. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan workshop yang diadakan Rekarasa empat kali dalam sebulan.

Peserta yang bisa mendaftar Workshop Coffee Sharing Session and Coffee Cupping hanya dibatasi hingga 15 orang saja dengan biaya registrasi sebesar tiga puluh ribu rupiah. Pembicara dari workshop kali ini adalah Yusuf Hendra Yulianto, S.Sn., seorang dosen Program Studi (prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV), serta Andrew Darrent, mahasiswa angkatan 2018 Prodi Manajemen Keuangan, selaku head bar dari Rekarasa. Keduanya merupakan anggota komunitas kopi di Indonesia. 

Pada pukul tiga tepat, kegiatan dibuka oleh Andrew dengan mengajarkan coffee basic. Kemudian, Andrew bersama Yusuf mulai mendemonstrasikan cara melakukan teknik cupping pada kopi. Cupping sendiri merupakan salah satu teknik untuk mengetahui rasa yang ada pada kopi tersebut. Pada hari itu, Andrew memutuskan untuk menggunakan banyak biji lokal dari daerah Bali, Sumatera Barat, Flores, dan Jawa Barat. Lima komponen utama dalam menggiling biji kopi haruslah saling terikat satu sama lain, yakni time, temperature, dosing, ratio, and grind size. Setelah menggiling biji kopi, Andrew membiarkan para peserta mencicipi kopi tersebut. 

Workshop ini tentunya memberikan banyak pengalaman berharga serta wawasan baru bagi pesertanya. Jezreel Willy, salah satu mahasiswa jurusan Teknik Industri angkatan 2017, mengaku mendapatkan banyak pengalaman berharga melalui workshop ini. “Aku memang suka kopi dan ini pengalaman baru buatku,” ujar Jezreel.

Workshop dari Rekarasa tentunya tidak akan berakhir sampai di sini. Bulan Februari mendatang, workshop lainnya akan diadakan dengan tema yang berbeda. Nah, Sobat GENTA, jangan ketinggalan, ya!

About the author /


Avatar