Pemuda Bersatu Majukan Bangsa!

Fotografer: Nicholas Abdiel

Pemuda Bersatu Majukan Bangsa!

Oleh: Manuela Octaviani

Senin (28/10/2019) Universitas Kristen (UK) Petra melaksanakan upacara bendera guna perayaan hari Sumpah Pemuda ke-91. Kali ini, upacara diikuti oleh mahasiswa angkatan 2019 dari Program Studi (prodi) Akuntansi Bisnis, Akuntansi Pajak, International Business Accounting (IBAcc), Desain Interior, Desain Komunikasi Visual (DKV), International Program in Digital Media (IPDM), Desain Fashion dan Tekstil, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG-PAUD), English for Creative Industry, English for Business, dan Bahasa Mandarin. Selain itu, upacara kali ini juga diikuti oleh perwakilan dari Lembaga Kemahasiswaan (LK) dan tenaga pendidik UK Petra. Upacara diadakan di Lapangan Radius Prawiro.

Rektor UK Petra, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., bertugas sebagai Inspektur upacara. Djwantoro menyampaikan amanat dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). “Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema Bersatu Kita Maju. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa”, tuturnya. Djwantoro juga meyampaikan pentingnya peran pemuda. “Tema ‘Bersatu Kita Maju’ sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju” tambahnya.

Setelah penyampaian pesan, acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan. Penghargaan diberikan kepada perwakilan mahasiswa dengan prestasi akademik 10% terbaik dari masing-masing prodi. Acara ini diakhiri dengan pemberian penghargaan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) kepada alumnus Teknik Sipil UK Petra angkatan 2005, William Liem Coln. Penghargaan diberikan atas pencapaian William mendirikan marketplace kedukaan, yaitu Solusi Duka. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Wakil Direktur MURI, Osmar Semesta Susilo.

Sobat GENTA, sebagai pemuda peran kita sangat besar lho! Jangan sia-siakan waktu dan terus bekerja keras, salam Sumpah Pemuda!

About the author /


Avatar