Jadikan Donor Darah Sebagai Kesempatan Bantu Sesama

Kegiatan donor darah bertempat di depan Auditorium UK Petra merupakan kegiatan rutin UKM KSR setiap tiga bulan sekali.

Fotografer: Sesilia Alexandra

Jadikan Donor Darah Sebagai Kesempatan Bantu Sesama

Oleh : Nikita Luisa

Jumat (28/09/18), salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Kristen (UK) Petra, yakni Korps Sukarela (KSR) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggalang acara donor darah. Kegiatan ini diadakan setiap tiga bulan sekali dan kali ini bertempat di depan Auditorium Kampus Pusat UK Petra mulai pukul 9 hingga pukul 1 siang. Kegiatan ini terbuka bagi mahasiswa maupun masyarakat umum yang hendak mendonorkan darah. Selama memenuhi syarat yang ada, semua orang bisa mendonorkan darah mereka.

Sebelum mendonorkan darah, para peserta melakukan registrasi dan mendapatkan serangkaian proses pengecekan kesehatan terlebih dahulu. Setelahnya, para pendonor diarahkan untuk diambil darahnya. Donor darah ini sendiri diadakan oleh KSR untuk memberikan sumbangan darah pada orang-orang yang membutuhkan. Setelah darah di ambil, PMI akan membawa stok darah tersebut dan menaruhnya di Bank Darah sampai ketika seseorang membutuhkan darah tersebut. 

Frendy Hariyono, ketua kegiatan donor darah memperkirakan kantong darah yang KSR kumpulkan hari itu telah mencapai 55 kantong darah dengan ukuran tiap kantong masing-masing 350 ml. Mahasiswa Program Studi (prodi) Teknik Informatika angkatan 2017 itu berujar bahwa manfaat donor darah sebenarnya sangatlah banyak, di samping bisa menggantikan darah kita, darah yang kita sumbangkan juga rupanya bisa membantu orang lain yang membutuhkan darah tersebut. “Ini kegiatan melayani, jadi aku berharap orang lain merasa tergerak,” tuturnya penuh harap ketika diwawancara oleh tim GENTA.

Salah satu pendonor darah dari prodi Teknik Informatika angkatan 2018, Hartantio, mengatakan bahwa alasan awal ia berminat untuk mendonorkan darah adalah karena ia ingin membantu orang lain. “Awalnya cuma pengen nyoba, tapi sebenarnya aku juga senang karena bisa bantu orang lain yang membutuhkan,” ungkap Hartianto seusai menjalankan serangkaian proses donor darah.

Bagaimana Sobat GENTA, sudah siap menjadi pendonor darah di kesempatan berikutnya?

About the author /


Avatar