Innofashion Fair 2019 : Wadah Kreasi Mahasiswa

Fotografer: Nicholas Abdiel, Jessica Kristy

Innofashion Fair 2019: Wadah Kreasi Mahasiswa

Oleh: Gabriele Tjiphanata

Program Studi (Prodi) Desain Fashion dan Tekstil (DFT) Universitas Kristen (UK) Petra mengadakan Innofashion Fair pertama mereka pada Kamis (28/11/2019) dan Jumat (29/11/2019). Bertempat di Ruang Q08.01, pameran dimulai pukul 10.00 WIB. Ketua Panitia Innofashion Fair 2019, Clarissa Wirogo menjelaskan bahwa pameran ini dibuat untuk memperkenalkan dan menunjukkan karya-karya mahasiswa prodi DFT dan apa saja yang telah mereka pelajari.

“Kalau bicara soal dunia fesyen, masih banyak stigma yang mengatakan bahwa seorang perancang busana hanya sekedar merancang baju tanpa ada dasar-dasar yang mumpuni. Padahal, sebelum menjadi perancang yang hebat, mereka harus mempelajari banyak hal dari dasar desain, serat, color stripe, digital printing, dan masih banyak lagi,” ungkap Clarissa.

Pameran ini memamerkan hasil kerja mahasiswa DFT angkatan 2018 selama satu tahun, mulai dari konsep baju, hasil batik yang mengambil ikon Surabaya, rancangan busana, dan karya dari serat yang membentuk huruf.

Tiga karya terbaik diberi kesempatan untuk memamerkan karyanya di pameran ini. Karya tersebut merupakan karya dari Prajna Paramita, Angelica Artanaya, dan Tiffany. Ketiga mahasiswi ini menunjukkan karyanya dalam bentuk busana yang bernuansa batik, digital printing, moodboard, dan fashion photography.

Selain itu, busana yang dirancang oleh mahasiswi prodi DFT juga mengkombinasikan busana tradisional dan modern karena menurut mereka, fesyen tidak selalu terpaku dengan satu konsep tertentu. Fesyen merupakan tuangan imajinasi yang menggabungkan berbagai aspek untuk membentuk sebuah mahakarya yang kreatif serta inovatif.

Nah Sobat GENTA, ternyata dunia fesyen tidak segampang yang terlihat. Banyak usaha yang harus dikeluarkan untuk membuat sebuah karya loh! Jadi, yuk kita apresiasi karya mereka!

About the author /


Avatar