Gunakan Bank Panitia Sebagai Sarana Pembelajaran Mahasiswa Baru

Fotografer: Divisi Publikasi, Dekorasi, dan Dokumentasi

Gunakan Bank Panitia Sebagai Sarana Pembelajaran Mahasiswa Baru

Oleh : Ariono Santosa

Sabtu (22/9/2018), mahasiswa baru Program Studi (prodi) Akuntansi Bisnis Universitas Kristen (UK) Petra berkumpul di Ruang Audio Visual Gedung T 503 untuk mengikuti Bank Panitia. Pada pertemuan tersebut, para mahasiswa baru dibagi dalam kelompok mereka masing-masing. Kemudian para mahasiswa baru ditugaskan untuk melakukan simulasi kepanitiaan dan mengadakan suatu acara. Mau tahu kelanjutan acaranya? Yuk, simak terus ceritanya!

Kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari serangkaian acara Bank Panitia yang dilaksanakan sejak Jumat (7/9/2018). Pada hari pertama, para mahasiswa baru diberi penjelasan mengenai kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Prodi Akuntansi Bisnis. Setelah mendengarkan penjelasan, mereka dapat memilih jadwal wawancara sesuai dengan divisi yang mereka minati. Hasil wawancara ini nantinya akan menentukan kelompok mereka pada hari kedua kegiatan.

Pada Sabtu (15/9/2018), peserta mengikuti seminar yang diadakan di Ruang AVT 503. Roy Setiawan, S.Kom.,M.M.,M.SM,.,M.Th. yang diundang sebagai pembicara menjelaskan mengenai manfaat mengukuti kegiatan kepanitiaan. Setelah mendengarkan seminar, peserta dikelompokkan ke dalam kelas-kelas sesuai dengan divisi yang mereka peroleh dari hasil wawancara sebelumnya. Di dalam kelas, para peserta dijelaskan lebih dalam mengenai job description dari masing-masing divisi.

Hari terakhir acara menjadi puncak kegiatan ini. Sabtu (2/9/2018), acara dimulai dengan pengambilan undian oleh setiap ketua kelompok. Undian ini menentukan kelompok mana yang harus lebih dulu melakukan simulasi kepantiaan. Kelompok pertama mengadakan sebuah talkshow yang mengundang ketua Himpunan Mahasiswa Akuntansi Bisnis Petra (HIMATANTRA). Dalam talkshow ini, peserta dijelaskan mengenai kegiatan HIMATANTRA. Kemudian acara dilanjutkan dengan simulasi dari kelompok kedua yang mengadakan rally games dan ditutup dengan simulasi dari kelompok ketiga yang mengadakan games-games dalam kelas.

Seusai simulasi, peserta mendapatkan kesempatan untuk istirahat makan malam. Setelah makan malam, acara Closing Ceremony diawali dengan pemutaran video flashback yang menampilkan kegiatan peserta Bank Panitia. Kemudian acara ditutup dengan pemberian penghargaan bagi kelompok yang berhasil melakukan simulasi terbaik.

About the author /


Avatar