Closing Batik Days 2019: Sangpata

Fotografer: Natasha Amabel

Closing Batik Days 2019: Sangpata

Oleh: Manuela Octaviani

Selasa (29/10/2019), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen (UK) Petra mengadakan Closing Batik Days 2019. Acara ini menandakan berakhirnya rangkaian acara Batik Days 2019. Closing Batik Days 2019 memilih tema “Sangpata”. Frans Thesman, mahasiswa program studi Teknik Arsitektur angkatan 2019 yang juga sebagai ketua panitia menyampaikan esensi dari tema yang sudah diambil. “Sangpata berarti warisan untuk kedepannya, jadi batik tidak hanya dipakai sehari-hari, tetapi juga merupakan warisan yang kita gunakan hingga sekarang dengan rasa bangga,” tutur Frans. Sambutan pembuka juga disampaikan oleh Arja Sadjiarto, S.E., M.Ak., Ak. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, dan Lovina Junita selaku ketua BEM UK Petra periode 2019/2020.

Acara ini menyuguhkan penampilan menarik, yaitu tarian dan penampilan band. Perwakilan lomba fashion setiap Himpunan Mahasiswa (HIMA) UK Petra juga turut unjuk gigi menampilkan catwalk terbaik mereka. Diana Puspasari, Finalis Miss Indonesia perwakilan Kalimantan Utara tahun 2016 menjadi juri yang menilai sesi ini. Puncak acara adalah ketika di umumkan pemenang dari lomba Batik Days 2019. Pasangan fashion perwakilan Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis (Manbis) UK Petra (HIMAMATRA) memenangkan kategori best catwalk. Allesandro Raffel dan Sancinta Televina, mahasiswa program studi Manbis angkatan 2019 tidak pernah menyangka bisa memenangkan lomba ini.

“Harapannya, semua pakai batik tidak hanya saat hari batik nasional karena surat rektor, tetapi dari kesadaran pribadi,” ucap Frans menyampaikan harapannya.

Nah Sobat GENTA, yuk kita lestarikan Batik, warisan bangsa kita!

About the author /


Avatar