Civil Fusion 2019: Excavation in Knowledge

Fotografer: Natasha Amabel

Civil Fusion 2019: Excavation in Knowledge

Oleh: Hansel Davin Sugiarto

Mahasiswa program studi (prodi) Teknik Sipil angkatan 2019 Universitas Kristen (UK) Petra tampak memadati ruang Audio Visual Gedung T (AVT) 502 pada Kamis (12/9/2019). Dimulai pukul 18.00 WIB, acara dibuka dengan registrasi masuk para peserta dengan scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) oleh panitia simulasi yang bertugas pada hari itu.

Acara ini mengangkat tema tentang Excavation in Knowledge yang bertujuan untuk membagikan cerita kakak tingkat yang sudah memiliki pengalaman yang lebih banyak dan telah bergabung dalam berbagai kepanitiaan. Selain itu, acara ini juga sebagai permulaan simulasi panitia bagi para mahasiswa Teknik Sipil angkatan 2019.

Pembicara pertama yang diundang adalah Abiyoga Christiansen, selaku ketua Himpunan Mahasiswa Sipil UK Petra (HIMASITRA). Yoga menjelaskan bahwa HIMASITRA bukan sekadar organisasi yang mengurus program prodi Teknik Sipil, namun juga membantu mahasiswa agar dapat lebih meningkatkan nilai dan persaudaraan di dalam satu prodi dengan berbagai macam kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh HIMASITRA.

Yoga juga menjelaskan bahwa dirinya bukan mahasiswa yang memiliki Indeks Prestasi (IP) tinggi dan tidak terbiasa tergabung dalam organisasi. Namun dengan kesadaran bahwa hal tersebut kurang baik dan dengan tekad mau berubah, itu menjadi motivasi nya untuk menjadi bagian dari HIMASITRA dan menjabat sebagai ketua. “Kita tidak hanya solve problem, tapi juga berorganisasi dan bersosialisasi,” ucap Yoga.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pengenalan 5 divisi yang juga terdapat pada logo HIMASITRA oleh ketua masing-masing divisi. Kelima divisi tersebut meliputi: Civil Intellectual Advancement (CIA); Creativity, Interest, and Talent (CIT); Concern, Adoration, Relation, Emphaty (CARE); Civil Entrepreneur Communication (CEC); Civil Resource Department (CRD).

Setelah itu, pembicara yang tidak kalah menarik yang merupakan mantan ketua Petra Civil Expo (PCE) 2018, Florentcia Hartono, memaparkan berbagai rangkaian acara dalam PCE yang terbagi menjadi 4 event besar, salah satunya yaitu bridge competition yang terkenal di kalangan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

Selain bridge competition, ada 2 lomba lainnya yang tidak kalah menarik, yaitu earthquake resistent design competition dan lomba kuat tekan beton. Untuk lomba kuat tekan beton, peserta yang diperbolehkan untuk mengikuti lomba ialah mahasiswa dari prodi Teknik Sipil saja.

Nah, bagaimana dengan sobat GENTA? Tertarik untuk mengikuti berbagai kegiatan dari HIMASITRA?

About the author /


Avatar