Beginning Well 2018: Ajarkan Para Mahasiswa Baru Untuk Jadi Agen Perubahan

Suasana hening kala mahasiswa berdoa dimpimpin oleh Ps. Thomas Budianto, S.E.

Fotografer: Winnie Tungmiharja

Beginning Well 2018: Ajarkan Para Mahasiswa Baru Untuk Jadi Agen Perubahan

Oleh : Nikita Luisa

Adventure of a Lifetime, tema itulah yang diangkat dalam kegiatan Beginning Well 2018. Tahun ini, Beginning Well dilaksanakan di Auditorium Kampus Timur Universitas Kristen (UK) Petra pada Jumat (2/11/2018) dan Sabtu (3/11/2018) kemarin. Beginning Well merupakan salah satu rangkaian kegiatan Ethics Enrichment (EE) yang diadakan untuk menyambut mahasiswa baru UK Petra. Tahun ini Beginning Well dibagi menjadi dua sesi sesuai dengan program studi (prodi), sesi pertama dilaksanakan pada hari Jumat dan sesi kedua pada hari Sabtu.

Pukul 13.30, para astor dan mahasiswa baru diperkenankan masuk ke auditorium. Agenda acara pada hari itu adalah materi sesi pertama, break time, menyanyikan lagu-lagu praise and worship, dan materi sesi kedua. Sambutan dari ketua acara Beginning Well 2018, Michelle Kosasih, resmi membuka rangkaian acara pada hari itu. Ia berharap agar mahasiswa baru bisa menjadi agen perubahan bagi lingkungan keluarga masing-masing. Michelle sendiri menekankan kuat tema yang diangkat pada Beginning Well tahun ini, yakni Adventure of a Lifetime.

Acara kemudian dilanjutkan dengan drama mengenai pentingnya peran keluarga yang dibawakan oleh tim drama. Setelah itu, dilanjutkan dengan khotbah dari Dra. Lisa Narwastu K, M.PSDM. dan Ivan Kwananda Pangestu, S.E., M.Div. pada hari pertama dan Thomas Budianto, S.E.  dan Agung Kurniawan, M.Psi. pada hari kedua. Topik yang dibicarakan berkutat pada pentingnya keluarga, serta kehidupan masa lalu, sekarang, hingga masa yang akan datang. Lisa dan Ivan memberikan beberapa arahan mengenai keluarga. Menurutnya, tidak ada keluarga yang sempurna di dunia ini, sehingga yang harus kita lakukan adalah menerimanya, serta memberikan tindakan mengenai realita atau sesuatu yang tidak bis akita kendalikan dengan cara yang positif. Ia harap para mahasiswa baru mampu menjadi agen perubahan bagi setiap orang yang ada. Akhirnya, acara kemudian ditutup dengan  sesi komitmen untuk pembaharuan keputusan, doa serta drama penutup.

Tujuan utama dari diadakannya Beginning Well adalah untuk menyiapkan mahasiswa baru dalam kehidupan perkuliahan dan menempa mereka menjadi pribadi yang tidak egois, mau menerima keadaan, dan siap menjadi agen perubahan, terutama dimulai dari lingkungan keluarga mereka sendiri. Nah, Sobat GENTA, sudah siapkah kamu menjadi agen perubahan masa kini?

About the author /


Avatar