Ambil Aksi, Junjung Tinggi Toleransi!

Fotografer : Jessica Kristy

Ambil Aksi, Junjung Tinggi Toleransi!

Oleh: Manuela Octaviani

Menanggapi krisis toleransi yang sedang marak di Indonesia, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen (UK) Petra mengadakan acara Indonesia dan Toleransi (IDT) pada jumat (15/11/2019). IDT dihadiri oleh mahasiswa lintas angkatan dan diadakan di Auditorium Kampus Pusat UK Petra. Antusiasme peserta sangat tinggi menanti keempat narasumber untuk memulai talkshow. Mereka adalah
Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag., Andovi da Lopez, Jovial da Lopez, dan Kristanto Budiprabowo.

Kali ini, Pers Mahasiswa UK Petra memiliki kesempatan untuk mewawancarai salah satu narasumber, yaitu Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. yang merupakan dosen perbandingan agama Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA).

Akademisi dari UINSA ini terkenal dengan statementnya yang bisa dibilang kontroversial. Zainul sangat menjunjung tinggi nilai toleransi dan tidak takut untuk mengungkapkannya. Ia menceritakan bahwa setiap tahun Zainul dan keluarganya selalu merayakan natal atas permintaan anaknya. Anak seorang pemuka agama ini bahkan tidak jarang menghadiri misa atau ibadah di gereja ketika ada rapat. Beliau beranggapan bahwa ikut merayakan hari libur keagamaan merupakan salah satu bentuk toleransi.

Penulis buku ini menyampaikan bahwa sikap toleransi sangat dipengaruhi oleh lingkungan. Komunitas heterogen tidak menghambat, yang penting tidak ada prejudice maupun stereotip. Justru, carilah pengalaman dengan sebanyak mungkin keberagaman. Zainul menyampaikan kita harus bisa membawa perbedaan. Ketika kita bersikap baik, perlahan orang akan melihat dan sadar akan pentingnya toleransi.

Nah, Sobat GENTA, jadilah penjunjung toleransi dimanapun kalian berada ya!

About the author /


Avatar