Seminar Data Security di Era 4.0, Penting Gak Sih?

Fotografer: Yulius Giovani

Seminar Data Security di Era 4.0, Penting Gak Sih?

Oleh: Hansel Davin Sugiarto

Di era sekarang yang serba digital dan modern, kebebasan dalam mengais dan mengumpulkan data sangatlah mudah. Contohnya, ketika Sobat GENTA membaca artikel-artikel yang telah kami publish dan membagikannya kepada orang lain via online, atau mungkin melihat foto-foto yang menarik dan membagikannya kepada teman kalian. Sangat mudah bukan?

Namun, apa yang terjadi ketika orang lain melihat data pribadi kita, yang tidak seharusnya orang lain tahu dan kalian juga tidak ingin membagikannya? Atau Sobat punya pengalaman terhadap teman yang jahil, kemudian membajak smartphone Sobat dengan mengirim pesan kepada orang lain tanpa sepengetahuan Sobat? Disinilah data security berperan.

Melalui pengalaman tersebut, Himpunan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Informatika UK Petra (HIMAINFRA) mengadakan seminar pada Sabtu (14/3/2020) yang bertajuk “Seminar Data Security di Era 4.0″. Seminar ini berlangsung di Ruang Konferensi 4 Gedung W UK Petra. Mikhael Wida Pramastama, ketua Seminar Data Security di Era 4.0, mengungkapkan makna dibalik pemberian judul seminar tersebut. “Di era modern, segala sesuatunya harus diputuskan secara cepat dan tepat, sehingga keberadaan data sangatlah diperlukan. Oleh karena itu, keamanan data menjadi aspek yang penting,” ucap Mikhael.

Berbekal tema “Data Security“, seminar yang dihadiri oleh 202 peserta ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan, serta implementasi nyata ketika berhadapan dengan dunia kerja dalam hal keamanan data.

Acara dimulai dengan sambutan oleh Kepala Prodi Informatika, Henry Novianus Palit, S.Kom., M.Kom., Ph.D, menandai dimulainya rangkaian acara seminar tersebut. Pada sesi pertama, peserta ditemani oleh tim dari Komunitas Surabaya Hacker Link. Sebelum melanjutkan acara, peserta dipersilakan untuk break makan siang. Kemudian, sesi kedua dibawakan oleh Ir. Onno W. Purbo, M.Eng., Ph.D, selaku pakar IT Indonesia, yang membahas tentang machine learning dan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Onno berharap agar pemanfaatan implementasi machine learning dan AI dalam dunia kerja, dapat dipakai secara maksimal dalam kontribusinya untuk keamanan data.

Pesan Mikhael selaku ketua seminar, “Dengan diadakannya kegiatan yang diikuti dari berbagai kalangan, dapat menjalin koneksi dari para peserta, serta dapat memberi tambahan wawasan dalam dunia Information Technology (IT) di era modern, dan dapat bertukar pikiran antar peserta.” “Semoga apa yang sudah disampaikan oleh pembicara, dapat menjadi tambahan wawasan, serta dapat menjadi dampak yang positif untuk orang lain yang belum mendapat kesempatan untuk hadir di acara seminar,” ucap Mikhael menambahkan.

Nah, sekarang sudah mengerti bukan Sobat GENTA betapa pentingnya Data Security? Tetap hati-hati dan selalu waspada dalam menggunakan teknologi ya!

Tagged with:     ,

About the author /


Avatar