Satu Suara untuk Masa Depan Bersama

Fotografer : Agnes Elvania

Satu Suara untuk Masa Depan Bersama

oleh : Yenny Chandra

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen (UK) Petra dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya mengadakan kegiatan Sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah pada Sabtu (21/11/20) melalui Zoom. Mengusung motto tema “1 Hour to know 5 Years Movement”, sosialisasi ini diharapkan dapat membuat mahasiswa menggunakan pilihannya dan tidak termasuk dalam golongan putih (Golput).

Acara diawali dengan sambutan oleh ketua acara, Rivaldo Jasper. Rivaldo mengingatkan peserta untuk tidak hanya mengikuti acara sosialisasi ini, namun berkontribusi memberikan hak pilih pada 9 Desember 2020. Setelah sambutan dari Rivaldo, R. Arja Sadjiarto, SE, M.Ak., Ak., juga ikut menambahkan, satu suara bisa menentukan masa depan kota Surabaya. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan sosialisasi oleh Subairi, S.Pd., selaku divisi sosialisasi untuk daerah Surabaya. Subairi menjelaskan mengenai penerapan protokol kesehatan Covid-19 pada tahapan  pemilihan serentak di Surabaya. Subairi menuturkan, akan disiapkan 12 perlengkapan protokol Kesehatan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Tidak hanya itu, tinta sebagai tanda telah memilih akan diteteskan pada jari. Kebijakan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 yang semakin meluas. “Jangan takut datang ke TPS, petugas sudah diperlengkapi dengan protokol kesehatan dan sudah melakukan rapid test,” ujarnya.

Subairi menghimbau seluruh mahasiswa agar hadir dan taat terhadap protokol kesehatan. Ia menghimbau untuk menggunakan hak pilih secara bijak. “Silahkan menggunakan hak pilih untuk memilih calon yang terbaik, bukan karena diberi imbalan sesuatu,” ujarnya. Pemilihan kepala daerah karena adanya suatu imbalan tertentu diatur dalam UU hukum pidana, dan tentunya akan merugikan negara. 

Nah, Sobat GENTA, sebagai generasi penerus bangsa, jangan golput ya! Satu suara bisa menentukan masa depan selama 5 tahun mendatang, lho. Gunakan hak pilih Sobat dengan baik pada 9 Desember 2020 mendatang!

About the author /


Avatar