Berbagi Ilmu dengan Sepenuh Hati Bersama Learning with Love 2020

Fotografer : Ferry Shendy

Berbagi Ilmu dengan Sepenuh Hati Bersama Learning with Love 2020

Oleh : Yenny Chandra

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen (UK) Petra mengadakan pengabdian masyarakat secara daring bertajuk “Learning with Love”. Kegiatan ini mengangkat tema “Action for Abundant Love”, dan terbuka untuk seluruh mahasiswa UK Petra. Setempo dengan tema yang diusung, mahasiswa dapat membagikan ilmunya dengan mengajar anak-anak Sekolah Dasar (SD) di bawah Yayasan Indonesia Sejahtera Barokah. Keseluruhan rangkaian acara dimulai pada Sabtu (24/10/20) dan berakhir pada Sabtu (21/11/20), dengan total tiga kali pertemuan dengan para murid SD secara daring.

Tepat pukul 9.30 WIB, shift 2 acara ini dimulai dengan membagi peserta dalam break out room Zoom masing-masing. Peserta diminta untuk mengajar dan mengajak bermain anak-anak SD yang telah ditentukan panitia. Pada awal kegiatan, peserta mengajak anak-anak SD bermain “Guess the Picture”. Anak-anak harus menebak nama benda tersebut hanya dengan melihat sebagian dari keseluruhan gambar benda. Setelah bermain gim, peserta menjelaskan mengenai pentingnya pohon untuk kehidupan manusia melalui cerita yang menarik. Tidak hanya itu, peserta juga mengingatkan untuk menjaga kelestarian pohon, hutan, dan lingkungan.

Setelah itu, peserta mengajak anak-anak untuk mengenal proses fotosintesis. Tiap kelompok peserta mengajarkan proses tersebut, mulai dari penyerapan udara kotor hingga proses penghasilan makanan bagi tumbuhan dan udara bersih. Mereka diberi kertas yang berisi gambar anatomi dari pohon. Setelah mendapat kertas tersebut, anak-anak harus memotong, menyusun dan menempelkannya di karton sehingga membentuk gambar pohon yang utuh. Setelah berhasil menyusun, mereka kemudian diminta menyebutkan manfaat dari setiap bagian pohon.

Pandemi yang terjadi sekarang bukan halangan untuk dapat menjadi berkat bagi sesama. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu orang lain meski dari rumah saja, LWL menjadi salah satu contohnya. Nah, Sobat GENTA, yuk belajar peduli dengan sesama sejak dini!

About the author /


Avatar