Potensi Profesi Akuntansi dalam Dunia Entrepreneur

Fotograger: Gabriella Deandra

Potensi Profesi Akuntansi dalam Dunia Entrepreneur

Oleh: Nathania Grace

Program Studi (Prodi) Akuntansi Universitas Kristen (UK) Petra menggelar seminar nasional bertajuk The Rise of Accounting Entrepreneur (TRAE) 2020. Seminar ini diadakan pada Sabtu (21/11/2020) mulai pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB melalui Zoom. Selain mahasiswa UK Petra, acara ini juga terbuka untuk umum. Mengangkat tema “Awakening The Accountant’s Entrepreneurial Spirit”, TRAE 2020 membahas tips membangun jiwa kewirausahaan dalam profesi akuntansi.

Dra. Juniarti, M.Si.Ak., selaku ketua prodi Akuntansi UK Petra membuka acara dengan sambutan dan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta dan pembicara yang telah hadir. Olivia Margaretha selaku ketua TRAE 2020 berharap acara ini dapat membuka mindset lulusan akuntansi agar kelak terjun menjadi seorang entrepreneur. Acara kemudian dilanjutkan dengan talk show yang dipimpin oleh Felycia Eri Putri Suparno S.E, M.M, CMA. Talk show ini menghadirkan tiga pembicara yakni, Dennis Hadi, Bram Juliar Didi S.E., Ak., M.Ak., CA., dan Josua Tarigan, PHD, CMA, CFP, CSRA, CIBA.

Bram mengatakan, seorang accountant harus beradaptasi dan berani menghadapi tantangan. Kreativitas, komunikasi, dan relasi adalah hal yang berperan penting dalam big data. Big data merupakan kumpulan data dalam jumlah yang besar yang tidak terstruktur. “Positive thinking merupakan aset yang paling bagus dan berharga,” ujarnya. Selaras dengan Bram, Dennis menuturkan, positive thinking dan confidence adalah harta karun dibalik kesuksesan. Membandingkan diri dengan orang lain hanya membuang waktu karena talenta setiap orang berbeda. Ia mengatakan, opportunity dapat tercipta dengan usaha yang baik. Bagi Dennis, tujuan hidup terbaik adalah menjadi lebih baik dari diri kita sebelumnya.

Menurut Josua, kita perlu memahami jalan kesuksesan walaupun belum mengalami turning point. Pilihan menjadi professional accountant maupun entrepreneur accountant merupakan karir yang menjanjikan ke depannya. Hal yang perlu kita siapkan adalah branding kepada konsumen. Sebagai accountant, tujuan profesi tak hanya untuk keuntungan individu saja, melainkan berdampak bagi lingkungan sosial dan memuliakan Tuhan.

Usaha dan niat merupakan hal penting dalam meraih kesuksesan. Belajar dari peribahasa “Fajar menyingsing, elang menyongsong,” kita harus selalu semangat dan gigih dalam bekerja. Usaha keras tidak akan pernah mengkhianati hasil. Mari Sobat GENTA, kita optimis dan percaya dalam berproses. 

About the author /


Avatar