Sambut Sukacita Natal dengan Ibadah Khas Budaya Surabaya

Fotografer : Agnes Elvania

Sambut Sukacita Natal dengan Ibadah Khas Budaya Surabaya

Oleh: Monica Angeline

Natal merupakan salah satu perayaan besar bagi umat Kristen. Dalam menyambut natal 2020, Universitas Kristen (UK) Petra mengadakan ibadah secara daring melalui kanal Youtube Pelayanan Mahasiswa (PELMA) UK Petra. Ibadah yang dimulai pada pukul 10.30 ini terbuka untuk seluruh sivitas akademika UK Petra. Uniknya, ibadah tahun ini bernuansa budaya khas Surabaya dengan tema โ€œSiarno Kabar Apik, Rek!โ€

Ibadah diawali dengan puji-pujian dan drama yang diperankan oleh sivitas akademika UK Petra. Baik dari segi latar, tata busana, dan dialog, drama ini mengangkat nuansa khas Surabaya dan bercerita mengenai sikap UK Petra di tengah pandemi Covid-19. UK Petra senantiasa memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Berkat ini disalurkan dalam berbagai bentuk yakni perlengkapan medis bagi rumah sakit, program sembako bagi mahasiswa sekitar UK Petra, dan bantuan pulsa kepada seluruh mahasiswa. 

Ibadah kemudian dilanjutkan dengan khotbah oleh Irwan Pranoto, Ph.D (Cand). Sesuai dengan tema yang didapuk, Irwan memaparkan mengenai sukacita dalam merayakan kelahiran Tuhan Yesus. Menurutnya, hadirnya Tuhan Yesus merupakan sumber awal sukacita sejati. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perdamaian manusia dengan dosa. Ia mengungkapkan, jika sukacita kita bersumber dari Tuhan, kita tetap merasa damai meskipun dilanda masalah kehidupan. Irwan berharap, berita baik ini dapat membangkitkan kerinduan kita kepada Tuhan. 

Sebelum ibadah berakhir, R. Arja Angka A.A.A. Sadjiarto, S.E., M.Ak., Ak. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UK Petra menyampaikan kalimat penutupnya. Arja berharap, mahasiswa dapat mematuhi protokol kesehatan jika berada di luar rumah. Arja juga memberikan semangat kepada mahasiswa yang akan melakukan Ujian Akhir Semester. 

Walaupun ibadah berlangsung secara daring, kita tetap bisa merasakan hadirat Tuhan lho. Seperti khotbah yang telah disampaikan, Sang Juru Selamat telah lahir untuk memberikan sukacita sejati di hidup kita. Sobat GENTA juga dapat menyaksikan ibadah hari ini melalui petra.id/IbadahNatal2020. Mari kita sambut Natal 2020 dengan sukacita dan semangat. Merry Christmas Sobat GENTA!

About the author /


Avatar