Peresmian Bank Sampah: Langkah Nyata Kurangi Limbah

Fotografer: Nicholas Abdiel, Theofilus N

Peresmian Bank Sampah: Langkah Nyata Kurangi Limbah

Oleh: Manuela Octaviani

Jumat (21/02/2020) Petra Greeners Club mengadakan peresmian Bank Sampah yang berlokasi di depan Gedung J Universitas Kristen (UK) Petra. Bank Sampah sendiri adalah sebuah program yang dilaksanakan untuk mengurangi penumpukan sampah anorganik. Program ini juga di latar belakangi oleh protes banyaknya mahasiswa UK Petra yang merasa sistem pemilahan sampah di lingkungan kampus kurang efektif. Hal ini karena walaupun sampah sudah dipilah, tidak ada tindakan khusus dari pihak universitas untuk mengolahnya. Peresmian dilaksanakan oleh Arja Sadjiarto, S.E., M.Ak., Ak. selaku Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan UK Petra.

Sistem kerja bank sampah adalah sebagai penghubung antara pengepul dengan nasabah bank sampah yaitu sivitas akademika UK Petra dan masyarakat umum. Nasabah menukarkan sampah sesuai kuantitas yang di tentukan dengan stiker yang masing-masing bernilai Rp 1.500. Penukaran dapat dilakukan pada jam operasi, setiap hari Jumat, pukul 10:00 – 12:00 dan 13:00 – 15:00. Sampah yang sudah dikumpulkan kemudian disalurkan kepada pengepul yang akan mendaur ulang, contohnya botol plastik akan diolah menjadi biji plastik. Hasil olahan ini akan disalurkan kepada pabrik bersangkutan untuk kembali dipakai. Dengan demikian, sampah yang bisa diolah kembali tidak akan menumpuk melainkan dapat dipergunakan kembali.

Felicia Indra Yoseffin, ketua Petra Greeners Club, menyampaikan harapannya. “Diharapkan bank sampah ini dapat membangkitkan semangat sivitas akademika UK Petra serta warga Siwalankerto terutama, untuk memilah sampah dan mengembalikan sampah tersebut untuk di daur ulang dengan perantara Petra Greeners Club,” ucap Felicia.

Nah, Sobat GENTA jangan malas memilah ya, kontribusi kecilmu sangat berdampak bagi lingkungan lho!

Tagged with:     ,

About the author /


Avatar