Wisuda ke-77: Once Petranesian Always Petranesian

Fotografer: Jessica Kristy, Yulius Giovani

Wisuda ke-77: Once Petranesian Always Petranesian

Oleh: Gabriele Tjiphanata

Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya kembali menyelenggarakan wisuda semester genap dengan lulusan sarjana sebanyak 518 wisudawan yang terdiri dari 474 lulusan sarjana, 24 lulusan program magister, dan 20 lulusan profesi di Auditorium Kampus Timur pada Sabtu (7/3/2020).

Wisudawan kemudian memadati Auditorium untuk mengikuti Rapat Terbuka Senat UK Petra dalam rangka Wisuda yang ke-77. Prosesi digelar pada pukul 09.00 WIB dan diawali dengan perarakan senat memasuki ruang rapat. Hadirin kemudian dipersilahkan untuk berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Himne Petra. Rapat Terbuka Senat UK Petra dibuka secara resmi oleh Rektor UK Petra dengan mengetukkan palu.

Acara dilanjutkan dengan doa pembukaan, pembacaan firman dan renungan oleh Pendeta Chandra Koewoso, Doctor of Ministry. Chandra mengungkapkan bahwa setiap wisudawan yang ada di ruangan harus selalu bersyukur karena berkat Tuhan yang tidak berkesudahan. Sebagai seseorang yang akan menginjakkan kaki di dunia yang lebih nyata, Chandra berharap bahwa setiap wisudawan mampu manyatakan sikap untuk tampil bedah dan mau berserah sepenuhnya kepada Tuhan.

Selanjutnya, sampailah pada puncak acara dimana wisudawan secara bergantian dipanggil ke depan untuk menerima map ijazah, pengukuhan dekan fakultas, dan melakukan penghormatan kepada Rektor UK Petra. UK Petra juga memberikan penghargaan cumlaude bagi mahasiswa yang dianggap mampu melakoni tugas akademis dengan baik dan penghargaan akademi prestasi (akpres) bagi mereka yang berhasil mengembangkan soft skil maupun hardskill selama menjadi mahasiswa di UK Petra.

Wisudawan program studi manajemen bisnis, Fenny Jie, maju ke atas panggung memberikan sambutan untuk mewakili seluruh wisudawan. Fenny mengungkapkan bahwa selama ia menjadi mahasiswa di UK Petra, ia telah mempelajari banyak hal. Ia berterima kasih kepada rekan-rekan yang sudah mau beproses bersama dan juga berterima kasih kepada orang tua yang telah memberikan dukungan baik berupa materi atau spitirual. Ia berharap bahwa setiap wisudawan tidak berhenti untuk terus belajar meskipun sudah lulus.

Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi UK Petra, Drs. Darmo Handoyo, Apt kemudian memberikan sambutannya dengan singkat. Darmo berharap bahwa seluruh wisudawan tetap memegang teguh nilai-nilai yang dianut UK Petra meskipun sudah lulus. Sambutan terakhir kemudian disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng selaku Rektor UK Petra. Djwantoro berharap bahwa Pendidikan yang diberikan UK Petra akan menjadi bekal yang lebih dari cukup untuk menjawab panggilan hidup setiap wisudawan sesuai dengan rencana Tuhan. Ia mengingatkan bahwa nama UK Petra akan terus melekat dan menjadi bagian dari hidup wisudawan. Djwantoro berujar bahwa kesempatan kali ini merupakan waktu yang tepat untuk mengucapkan terima kasih kepada orang tua yang sudah memberikan berbagai bentuk kontribusi kepada wisudawan. Djwantoro mengajak wisudawan untuk menghadap ke arah orang tua dan membungkuk sebanyak 3 kali sebagai bentuk pengucapan terima kasih. Akhir kata, ia berkata “Once petranesian, always petranesian”.

Salah satu wisudawan bernama Felix Jonathan Soenarto juga turut memberikan kesan dan pesan selama ia berkuliah di UK Petra. Ia merasa bahwa komunitas di UK Petra selalu mendukungnya meskipun ia dalam keadaan yang sulit. Ia berharap UK Petra terus meningkatkan kualitas pendidikan dan kualitas fasilitas agar terus menjadi salah satu universitas swasta terbaik. 

Selamat ya bagi Sobat GENTA yang sudah menyelesaikan studinya dengan baik. Semoga kedepannya bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan terus menjadi inspirasi bagi banyak orang!

Tagged with:     ,

About the author /


Avatar