Open House 2020 : Pencarian Bibit Unggul

Fotografer : Theofilus N

Open House 2020 : Pencarian Bibit Unggul

Reporter : Gabriele Tjiphanata

Open House 2020 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen (UK) Petra untuk memperkenalkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Lembaga Kemahasiswaan (LK). Program ini bertujuan membantu mahasiswa, terutama mahasiswa baru (maba), dalam mencari kegiatan di luar perkuliahan. Berbeda dari tahun sebelumnya, Open House kali ini berlangsung secara daring menggunakan medium Google Meet pada Rabu (5/8/2020). Kegiatan ini dibagi menjadi dua shift, shift pertama untuk LK dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB dan pukul 10.00 WIB untuk UKM, lalu shift kedua untuk LK pada pukul 12.00 WIB dan pukul 14.00 WIB untuk UKM. Setiap mahasiswa wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mendapatkan akses tautan dari LK atau UKM pilihan.  

Lie Angela Sugiarto selaku ketua pelaksana Open House 2020 mengungkapkan, acara kali ini mengusung tema “The Ultimate Destiny”. Alasan dari pemilihan tema tersebut dikarenakan ia percaya, setiap individu pasti memiliki bakat dan kemampuan yang terkadang tidak mereka sadari. Ia juga percaya, ke depannya bukan hanya tuntutan akademis yang diperlukan, melainkan juga soft skill dan kemampuan berorganisasi.  “Kita juga bekerja sama dengan panitia WGG agar acara ini berjalan dengan sempurna, kami berharap maba nantinya mendapatkan banyak pengetahuan dari acara Open House dan bisa memilih LK dan UKM yang sesuai dengan minatnya,” ujarnya.

Setiap LK dan UKM berhak memberikan materi maupun menjawab pertanyaan dari maba. Sebagai contoh, LK Pers Mahasiswa (PERSMA) menampilkan video profil di awal sesi. Lalu, mereka juga membahas secara detail mengenai tugas setiap divisi, berbagi pengalaman, dan suka duka di PERSMA. LK ini merupakan LK yang bergerak di bidang jurnalistik, terdapat 9 divisi yaitu Reporter Cetak, Fotografer Cetak, Layout & Illustration, Research and Development, Sponsor, Reporter Daring, Fotografer Daring, Creative Content, IT. Selain itu, PERSMA juga satu-satunya LK yang bisa diikuti maba pada tahun pertama perkuliahan. Tujuannya agar terdapat regenerasi fungsionaris dan ide serta gagasan yang out of the box dari maba yang masih sangat antusias. Tahun ini, PERSMA juga memiliki program kerja baru yakni Podcast dan konten Youtube. Fungsionaris PERSMA berkesempatan untuk berpartisipasi dalam menjalankan program kerja ini.

Sebanyak 30 UKM dan 5 LK diperkenalkan kepada maba melalui stand daring. Maba yang sudah mendaftar di stand pilihannya memiliki kesempatan untuk dapat bertanya langsung seputar UKM dan LK yang mereka minati. Meskipun tidak semua LK dapat diikuti pada tahun pertama, namun terdapat program magang. Maba bisa mencari pengalaman terlebih dahulu di tahun pertamanya dengan mengikuti program ini.

Bagaimana Sobat GENTA? Apakah sudah memilih LK atau UKM yang kalian minati? Jangan sia-siakan kesempatan yang ada ya. Banyak potensi, kebutuhan, bakat, dan minat yang bisa dikembangkan secara optimal. Kalian juga bisa belajar soft skill dan mendapat komunitas yang suportif. Yuk, segera daftarkan dirimu!

About the author /


Avatar