Menumbuhkan Inovasi Bisnis Lewat BComp 2021

Fotografer: Gabriella Deandra

Menumbuhkan Inovasi Bisnis Lewat BComp 2021

Oleh: Thalia Angelica

Mulai Jumat (19/03/2021) hingga Minggu (21/03/2021), Himpunan Mahasiswa Program International Business Management (IBM) Universitas Kristen (UK) Petra (HIMABINTRA) mengadakan kegiatan Business Competition (BComp) 2021. BComp merupakan perlombaan bisnis tahunan yang diikuti oleh siswa-siswi SMA. Tahun ini, BComp mengusung tema “Alteration: The Genesis of Triumph”. Jennifer Tjitra selaku ketua acara mengungkapkan harapannya, yaitu peserta dapat belajar kemampuan yang dibutuhkan untuk berinovasi di era kini. Perlombaan ini dilaksanakan melalui media Zoom dan diikuti oleh 67 tim dari berbagai daerah di Indonesia.

Hari pertama dimulai dengan permainan Mastery 10 dan Scavenger Hunt untuk mengetahui wawasan peserta mengenai dunia bisnis. Pada hari kedua, empat belas tim berhasil lolos berpartisipasi dalam permainan Nevercity: Stockbroker’s Odyssey. Pada permainan ini, mereka mengimplementasikan pengetahuan mereka dalam sebuah permainan saham. Untuk hari terakhir, tujuh kelompok yang tersisa harus melakukan presentasi ide bisnis berdasarkan studi kasus terkait Covid-19.

Sesi presentasi ini menghadirkan tiga juri, yaitu Gary Tejakusuma, Adelina Proboyo, S.E., MBA., dan Randy Kurniawan Santoso, S.E., MBA. Peserta dituntut untuk meyakinkan ide bisnis mereka seolah-olah berada di hadapan investor. Dalam presentasi tersebut, mereka harus mencantumkan nama, tujuan, nilai-nilai, dan profit margin perusahaan. Setiap presentasi juga diselingi dengan sesi tanya jawab oleh para juri.

Kelompok “PengWins” merupakan salah satu kelompok dengan ide bisnis yang inovatif. Ide mereka adalah merancang sebuah aplikasi bernama “Park IT”. Aplikasi tersebut bertujuan untuk memudahkan pengguna yang kesulitan mencari tempat parkir di tempat umum. Mereka juga menawarkan fitur sekuriti dan sistem Artificial Intelligence (AI) yang belum pernah ditemui sebelumnya. Selain itu, kelompok “MAG” yang merancang sebuah aplikasi bertajuk “Realm”, juga menuai pujian juri. “Realm” merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan berbagai pembelajaran berupa video bagi penggunanya. Menurut mereka, aplikasi tersebut dapat membantu murid dalam mempelajari kemampuan non-akademik seperti musik, bahasa, dan kesenian. Kedua kelompok ini pun dapat menjawab pertanyaan oleh juri dengan baik.

Acara kemudian diakhiri dengan pengumuman pemenang yang dibacakan oleh Master of Ceremony (MC). Juara pertama diraih oleh kelompok “PengWins”. Juara kedua diraih oleh kelompok “MAG”. Lalu, juara ketiga diraih oleh kelompok “Futurei”. Ketiga kelompok ini memperoleh hadiah berupa uang dan beasiswa studi di IBM UK Petra.

Pandemi menuntut kita untuk beradaptasi dengan situasi yang terus berubah. Sebagai generasi muda, kita patut menumbuhkan inovasi-inovasi baru. Jadi, yuk terus belajar agar kita dapat membawa perubahan besar melalui inovasi-inovasi kita. Sampai jumpa di BComp 2022, Sobat GENTA!

About the author /