HUT GENTA ke-57 Ajak Mahasiswa Berbagi dengan Sesama

Fotografer: Samantha Prijadi dan Justin Prawiro

HUT GENTA ke-57 Ajak Mahasiswa Berbagi dengan Sesama

Oleh: Monica Angeline

Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) GENTA ke-57, Pers Mahasiswa (Persma) Universitas Kristen Petra (UK) Petra menggelar beberapa rangkaian acara. Salah satunya adalah pengabdian masyarakat (pengmas) yang digelar pada Sabtu (20/03/2021). Acara ini dapat diikuti oleh semua mahasiswa UK Petra melalui seleksi yang telah diadakan.

Pengmas bertajuk โ€œGenerasi Muda Berkaryaโ€ (GEMA) ini diketuai oleh Nicholas Abdiel. Ia berharap, generasi muda mau untuk mulai berkarya melalui kegiatan ini. Adapun tujuan yang ingin dicapai yakni mewadahi generasi muda untuk berkarya. Panitia HUT GENTA memilih Panti Asuhan Yestoya Surabaya untuk bekerja sama dalam mewujudkan tujuan ini. 

Acara digelar secara daring melalui Zoom dan diikuti oleh 40 peserta yang terbagi atas 2 sesi wawancara. Sesi 1 dimulai tepat pada pukul 10.00 WIB dengan doa dan briefing singkat oleh Stevano Nyoto, selaku Master of Ceremony (MC). Setelah itu peserta sesi 1 yang telah dikelompokkan secara berpasangan memasuki breakout room masing-masing.

Dalam breakout room tersebut, peserta ditugaskan untuk mewawancarai anak-anak panti asuhan. Pendidikan yang sedang diemban anak-anak panti asuhan juga beragam, mulai dari murid Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga mahasiswa. Peserta lalu mewawancarai anak panti asuhan dengan beberapa topik yang sudah ditentukan sebelumnya. Topik-topik yang dibahas antara lain, mimpi terbesar yang ingin dicapai, kehidupan saat menjalani pembelajaran online, kebahagiaan selama di panti asuhan, dan hal-hal yang membuat anak panti asuhan bersyukur.

Sebelum lanjut ke sesi kedua, anak-anak panti asuhan memiliki waktu untuk rehat dan makan siang. Wawancara sesi kedua kemudian berlangsung pada pukul 11.45-12.45 WIB. Setelah itu, acara berakhir dengan doa penutup dan sesi foto bersama. 

Tidak berhenti sampai di sana, peserta diminta menuliskan cerita atau artikel dari hasil wawancara yang telah dilakukan. Artikel atau cerita tersebut akan disatukan menjadi sebuah buku yang memuat cerita dari anak-anak panti asuhan Yestoya Surabaya. Kondisi pandemi seperti ini tidak menjadi penghalang bagi kita untuk berbuat baik kepada sesama. Perbuatan baik sekecil apa pun dapat berdampak besar, lho. Jadi, jangan lupa untuk selalu bersyukur dan berbagi kepada sesama selagi kita mampu ya, Sobat GENTA! Ingatlah untuk selalu menabur kebaikan agar kelak dapat menuai kebaikan.

About the author /


Avatar