Mengulik Terobosan Baru Bisnis Masa Kini

Fotografer: Calista Marvella

Mengulik Terobosan Baru Bisnis Masa Kini

Oleh: Catherine Ivana

Perkembangan dunia bisnis berotasi semakin pesat didukung dengan berbagai kecanggihan teknologi yang ada. Kendati demikian, dunia bisnis tetap membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dari segi pengetahuan dan keterampilan. Menilik hal tersebut, Himpunan Mahasiswa International Business Management (IBM) Universitas Kristen (UK) Petra (Himabintra) menyelenggarakan kegiatan Business Competition (BComp) pada Jumat (08/04/2022) hingga Minggu (10/04/2022). Kegiatan tahunan ini diikuti oleh siswa-siswi SMA sebanyak 43 tim yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia. 

Mengusung tema “Journey to the Unmapped”, Ruth Srininta Tarigan, S.Kom., MBA. selaku Ketua Program Studi (Prodi) IBM berharap, peserta sebagai generasi muda dapat menemukan inovasi baru di luar zona nyaman. Melalui kompetisi bergengsi ini, peserta juga diharapkan untuk menjelajahi area baru yang belum dieksplorasi oleh orang lain guna menggali potensi diri. Rangkaian kegiatan pada hari pertama dan kedua diadakan secara daring melalui media Zoom. 

Pada hari pertama, peserta diajak untuk berpartisipasi dalam permainan virtual escape room yang bertajuk “A Way Out”. Fernando Charley Wungkana selaku perwakilan panitia berharap permainan ini dapat mengasah kecermatan, kemampuan analisis, dan kemampuan menyelesaikan masalah yang dimiliki seluruh peserta. Kegiatan selanjutnya adalah permainan “The Clandestine Vault Escapades”. Permainan yang satu ini mencakup pertanyaan seputar istilah bisnis, pengetahuan umum, dan ilustrasi mengenai IBM. “The venturers are expected to be fearless, reliable, emboldened, and educated (free),” ungkap Fernando.

Hari kedua dimulai dengan permainan “Traders: The Uncharted Voyage” melalui website yang diikuti oleh dua puluh kelompok yang lolos dari hari sebelumnya. Acara kemudian dilanjutkan dengan tiga sesi workshop yang diikuti oleh tujuh kelompok. Sesi pertama dihadiri oleh Amelia Sidik, S.Sn, MCA, Ph.D. selaku pembicara. Pada kesempatan ini, Lia mengungkapkan tips dan trik dalam mempresentasikan ide bisnis yang meyakinkan.

Selanjutnya, Daniel Christian Tarigan, S.H., M.M. selaku salah satu Dosen Prodi IBM turut menjelaskan tentang product line extension. Di sesi workshop terakhir, Ferry Faried selaku Marketing Manager PT Bino Mitra Sejati dan Yohanes Hartono selaku Marketing Supervisor Home Filing Product PT Bino Mitra Sejati menjelaskan informasi terkait produk Bantex. 

Pada hari terakhir, tujuh kelompok yang berhasil masuk ke babak final harus melakukan presentasi mengenai strategi bisnis product line extension atau brand extension dari Bantex. Sesi diskusi dipecah menjadi empat periode dengan perilisan sistem permintaan di setiap awal periode. Rangkaian kegiatan berikutnya adalah sesi presentasi dan tanya jawab oleh setiap kelompok. Sesi presentasi ini menghadirkan tiga juri, yaitu Ruth, Ferry, dan Yohanes. Seusai itu, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang yang dipandu oleh master of ceremonies (MC). Seluruh rangkaian acara kemudian ditutup dengan pidato singkat oleh Phebe Andrew selaku Ketua BComp 2022. “Life is and forever will be a long series of journeys to the unmapped,” tegas Phebe. 

Dalam menciptakan inovasi pada sebuah produk, dibutuhkan wawasan yang luas serta terkini. Langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki terhadap rencana inovasi yang telah dipersiapkan. Nah, Sobat GENTA, perkembangan zaman akan menuntut kita untuk terus berinovasi guna dapat menyesuaikan diri. Lantas, apakah Sobat mampu bersaing secara sehat dan kompetitif dalam dunia bisnis?

About the author /