Kesuksesan Tak Hanya Sebatas Finansial

Fotografer: Justin Prawiro

Kesuksesan Tak Hanya Sebatas Finansial

Oleh: Amelia Syatriadi

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau yang lebih dikenal dengan Non-Governmental Organization (NGO) kini telah menjadi salah satu pilihan karir bagi generasi muda. Namun, masih banyak dari mereka yang belum begitu mengenal NGO. Apakah NGO memiliki prospek kerja yang menjanjikan ke depannya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen (UK) Petra menggelar webinar dengan tema “Hear Out: Building Career in NGOs, Is It a Good Prospect?”. Webinar ini berlangsung pada Sabtu (14/11/2020) melalui Zoom dan terbuka bagi seluruh mahasiswa UK Petra maupun umum.

Vanessa Wuryadinata selaku Master of Ceremony membuka acara dengan doa pada pukul 11.00 WIB. Selanjutnya, Christia Aphrodita selaku ketua panitia menyampaikan kata sambutannya. Christia berharap agar webinar ini dapat menjawab kebingungan peserta yang ingin membangun karir di NGO. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UK Petra, R. Arja Sadjiarto, S.E., M.Ak., Ak. juga turut berpesan, “Masalah finansial memang menjadi pertimbangan ketika memilih pekerjaan. Akan tetapi, terkadang kesuksesan tidak hanya sebatas finansial.”

Webinar ini mendatangkan Priscilla Christin, S.IP, MM. yang telah berkecimpung di NGO selama kurang lebih 15 tahun. Dalam kesempatan ini, Priscilla menjelaskan mengenai pengertian dan sistem kerja NGO pada umumnya. NGO sendiri didirikan oleh individu atau kelompok yang memberikan pelayanan kepada masyarakat umum, tanpa bertujuan mencari keuntungan.

Priscilla saat ini menjabat sebagai Communications Director di Wahana Visi Indonesia (WVI). “Kalian tidak perlu khawatir karena NGO tidak menutup kesempatan bagi kalian yang ingin membangun jenjang karir hingga tingkat regional, bahkan internasional,” ujarnya ketika menyampaikan materi. Melalui pekerjaannya saat ini, Priscilla mampu mengembangkan kapasitas yang dimilikinya dan turut serta mengambil bagian untuk menciptakan perubahan dalam masyarakat.

Tak hanya itu, Ndaru Widi Ciptaningsih dari World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia juga hadir sebagai pembicara. Ndaru berpendapat bahwa pilihan yang ia ambil sekarang ini sesuai dengan minatnya sejak dulu. “Jangan menyepelekan hobi atau passion kalian meskipun kecil atau berbeda dengan kebanyakan orang di luar sana. Jika itu memang minat kalian, tekuni saja dan semesta pasti akan memberikan dukungannya,” pesannya kepada peserta.

Selain minat, ada alasan lain yang membuat Ndaru bertahan bekerja di WWF hingga sekarang. Ia merasa pekerjaannya saat ini lebih fleksibel jika dibandingkan ketika dulu ia bekerja di lembaga profit. WWF Indonesia sendiri sedang membuka program magang bagi mahasiswa Indonesia. Program ini dapat membantu mempersiapkan mahasiswa dalam memasuki dunia kerja sekaligus memperkenalkan WWF Indonesia kepada mereka sebagai generasi penerus bangsa.

Acara ini juga menyediakan sesi tanya jawab yang dijawab secara langsung oleh kedua pembicara yang telah hadir. Di akhir acara, terdapat kuis berhadiah mengenai materi yang telah disampaikan. Doa dan foto bersama pun menutup rangkaian webinar kali ini.

Wah, ternyata NGO memiliki banyak kelebihan yang mungkin selama ini belum kita sadari. Apakah Sobat GENTA tertarik untuk meniti karir di NGO? Jika iya, tekuni minat Sobat dan mulailah melakukan hal kecil yang berdampak baik bagi sekitar. Jangan sampai mimpi Sobat terhalang hanya karena berbeda dengan kebanyakan orang ya!

About the author /


Avatar