Fotografer: Gabriella Deandra
Dukung Pertumbuhan UMKM Bersama STI 2021
Oleh: Thalia Angelica
Step Towards It (STI) merupakan kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas) yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen (UK) Petra. Mengusung tema “Share, Serve, Success”, kegiatan ini berperan sebagai sarana bagi peserta untuk membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam mengembangkan bisnis mereka di masa pandemi. Pada Sabtu (29/05/2021), STI mengadakan webinar dan workshop sebagai puncak kegiatan. Kegiatan diadakan melalui Zoom dan diikuti oleh 37 kelompok peserta.
Acara diawali dengan doa oleh Master of Ceremony (MC) dan sambutan oleh Agnes Elvania selaku ketua pelaksana. Melalui kegiatan ini, Agnes ingin agar peserta dan pemilik bisnis dapat menambah wawasan perihal cara berjualan dengan tepat melalui platform digital. Tak hanya itu, Ricky Ciputra selaku Ketua BEM dan Arja Sadjiarto, S.E., M.Ak., Ak., selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UK Petra juga menyampaikan sambutan mereka.
Sesi pertama berupa workshop dengan tema “How to Advertise 101” menghadirkan Vanessa Yusuf, S.Ds., M.Ds., sebagai pembicara. Vanessa mengajak peserta untuk mengenali perbedaan berbisnis di masa sebelum dan sesudah pandemi. Sebelum pandemi, banyak brand menawarkan produk melalui kelima indra manusia. Sedangkan selama pandemi, suatu brand dapat menyediakan storytelling experience kepada konsumen. Hal ini dapat dilakukan melalui pengelolaan sosial media seperti mendesain feeds Instagram. Selain memperhatikan desain, feeds juga harus bisa menyampaikan tujuan dan keunikan dari suatu brand.
Setelah itu, acara dilanjutkan dengan webinar yang mengusung tema “Marketing in Digital Transformation”. Webinar ini menghadirkan Marcella Eteng, B.Bus., selaku pembicara. Menurut Marcella, sebuah brand harus mengenali target market-nya sebelum melakukan marketing. Dengan begitu, peluang bagi brand tersebut untuk menjangkau konsumen lebih besar. Lalu, pemilihan influencer untuk endorsement juga harus disesuaikan dengan target market dari brand tersebut. Terakhir, brand tersebut juga harus membuat konten secara konsisten melalui sosial media. Hal-hal ini sangat penting dalam melakukan marketing di era digital.
Selanjutnya, setiap kelompok peserta dibagi ke dalam breakout room bersama pelaku UMKM masing-masing. Di dalam breakout room, peserta membagikan wawasan yang mereka peroleh setelah mengikuti workshop dan webinar. Salah satunya, mereka mengajari pelaku UMKM mengenai cara menggunakan platform Canva untuk mendesain feeds Instagram.
Masih banyak UMKM di sekitar kita yang kesulitan untuk berbisnis di masa pandemi. Salah satu tantangan terbesar adalah melakukan marketing melalui platform digital. Sebagai generasi muda, sudah sepatutnya kita membagikan wawasan untuk membantu mereka. Mari kita dukung pertumbuhan UMKM di masa pandemi! Selamat melayani, Sobat GENTA!