CC 2020: Siap Melangkah, Semangat Tak Pernah Patah

Fotografer: Gabriella Deandra

CC 2020: Siap Melangkah, Semangat Tak Pernah Patah

Oleh: Thalia Angelica

Himpunan Mahasiswa Program International Business Management (IBM) Universitas Kristen (UK) Petra (HIMABINTRA) kembali menyelenggarakan acara tahunan yaitu Committee Community (CC). Rangkaian kegiatan CC 2020 telah memasuki hari ketiga sekaligus terakhir pada Senin (26/10/2020). Sebelumnya, kegiatan ini telah diselenggarakan pada Kamis (22/10/2020) dan Sabtu (24/10/2020). CC 2020 mengangkat tema “Inflate to Invigorate”. Tema ini merupakan refleksi dari tujuan kegiatan, yaitu mempersiapkan dan melatih mahasiswa baru (maba) sebelum mengikuti kegiatan kepanitiaan di IBM dan UK Petra.

Perkenalan berbagai divisi yang ada dalam suatu kepanitiaan berlangsung pada hari pertama. Pada hari kedua, peserta berkesempatan mengikuti workshop sesuai dengan divisi yang diminati. Setelah itu, peserta dibagi menjadi lima kelompok dari divisi yang berbeda untuk membuat rancangan acara Professional Talk dan Business Competition. Professional Talk merupakan seminar internasional yang diadakan setiap tahun oleh program IBM. Sedangkan Business Competition merupakan kompetisi bisnis yang diikuti oleh siswa-siswi SMA.

Tepat pukul 18.00 WIB, Nadine Andrea selaku Master of Ceremony (MC) membuka acara dengan doa. Selanjutnya, setiap kelompok mendapatkan waktu sepuluh menit untuk mempresentasikan hasil rancangan acara yang telah mereka kerjakan selama dua hari. Tidak hanya membahas garis besar acara, tetapi mereka turut memaparkan rundown acara, proses registrasi, rencana anggaran, perlengkapan, sponsor, konsumsi, dan poster kegiatan. Setelah itu, terdapat sesi tanya jawab oleh juri. Para juri kemudian mengapresiasi kinerja peserta dan turut memberikan sugesti untuk mengembangkan ide tiap kelompok.

Pada akhir acara, Joshua Chang selaku ketua HIMABINTRA menyampaikan kata penutupnya. Joshua mengingatkan peserta mengenai pentingnya manajemen waktu. “You need to know which things can be sacrificed in a particular time and which can not (be sacrificed). Balance is truly important and I really hope you have that,” imbau Joshua. Ia berharap agar peserta dapat menyusun skala prioritas di tengah kesibukan dunia perkuliahan. Ketika mengikuti suatu organisasi atau kepanitiaan, mahasiswa harus tetap bisa membagi waktu antara keluarga, kuliah, dan istirahat.Sering kali kita takut untuk memulai sesuatu yang baru, misalnya mengikuti organisasi yang penuh dengan tantangan dan kesibukan. Belum lagi, tetap ada tugas kuliah yang menumpuk dan kegiatan di luar kampus. Eits! Tunggu dulu, ingat bahwa di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Ayo manfaatkan sarana yang ada agar kita siap melangkah dan memulai perjalanan baru, Sobat GENTA!

About the author /


Avatar