Bijak Bermedia Sosial, Tingkatkan Literasi Digital

Fotografer : Gabriella Deandra

Bijak Bermedia Sosial, Tingkatkan Literasi Digital

 Oleh : Yenny Chandra

Jumat (19/3/2021), Pers Mahasiswa (Persma) Universitas Kristen (UK) Petra melalui rangkaian kegiatan Artizen 2021 menggelar webinar dengan tema Gaungkan Literasi dengan Kreasi”. Artizen sendiri merupakan acara yang menghadirkan lomba opini, film pendek, dan komik strip serta seminar nasional. Lomba ini terbuka untuk seluruh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat di seluruh Indonesia. Sedangkan, webinar terbuka untuk umum dan berlangsung secara daring melalui Zoom pada pukul 16.00 WIB. 

Nicky Christian, selaku ketua penyelenggara membuka acara dengan menyampaikan kata sambutannya. Nicky menjelaskan, arti tema Artizen adalah mencita-citakan suatu gerakan literasi digital yang dapat menjadi gema di masyarakat melalui karya-karya anak muda. Selanjutnya, Clarisa Michelle selaku Pimpinan Umum Persma berharap agar peserta dapat meningkatkan literasi digital sehingga mampu membuat konten edukatif dan inspiratif. Tidak hanya itu, Arja Sadjiarto, S.E., M.Ak., Ak., selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan juga turut menyampaikan sambutannya. Arja mengatakan, skill yang akan dibutuhkan di tahun 2030 adalah literasi. Maka dari itu, perlu untuk meningkatkan literasi agar mampu memberikan dampak bagi sekitar.

Acara dilanjutkan dengan talk show oleh Judithya Pitana selaku Pemimpin Redaksi Popbela.com, sebagai pembicara. Judithya menjelaskan pentingnya literasi digital untuk era sekarang ini. Literasi digital adalah kemampuan untuk mengolah dan membaca informasi dari berbagai media di internet, smartphone, dan sumber digital lainnya. Menurutnya, literasi digital sangat penting untuk semua orang terutama anak muda. Ia juga memaparkan, di zaman sekarang yang serba digital, banyak ditemui berita-berita hoax yang berbahaya untuk pembacanya. Judith mengingatkan, unggahan di media sosial belum tentu benar adanya. Manusia cenderung hanya menampilkan hal yang baik-baik saja, bukan seluruh kehidupan mereka. “Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang ada di social media,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Judith juga menyebutkan 10 kemampuan dasar yang harus dimiliki untuk meningkatkan literasi digital. 10 kemampuan dasar tersebut adalah functional skill, search skill, evaluating skill, critical thinking, creativity, communication, safety, flexibility, collaboration, dan multi platform competency. Judith berharap, peserta mampu memilah informasi yang ada dan dapat membagikan hal yang bermanfaat bagi orang lain.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan foto bersama. Pada penghujung acara, Christensen Derick dan Thalia Angelica selaku Master of Ceremony (MC) mengumumkan pemenang dari lomba Artizen yang diikuti oleh siswa dan siswi SMA.

Berkembangnya teknologi sekarang ini memudahkan kita mendapatkan informasi dari media sosial. Namun, tidak semua informasi memiliki dampak yang baik loh, Sobat GENTA. Oleh karena itu, kita harus mengasah literasi digital sehingga dapat memilah dan memberikan informasi yang bermanfaat. Yuk bijak dalam bermedia sosial!

About the author /


Avatar