Atasi Rasa Takut dan Gapailah Mimpimu

Fotografer: Ferry Shendy

Atasi Rasa Takut dan Gapailah Mimpimu

Oleh: Amelia Syatriadi

Setiap orang tentu pernah bermimpi dalam hidupnya. Namun, tidak semua orang dapat menggapainya. Banyak dari mereka yang gagal, bahkan sebelum mencoba untuk meraihnya. Melihat hal itu, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pengembangan Diri (PD) Universitas Kristen (UK) Petra menggelar talk show Tegur Sapa Inspirasi (TAP) 2021 bertajuk “Dream: Don’t Quit, Just Go for It” pada Jumat (19/3/2021). Acara ini digelar secara daring melalui Zoom dan terbuka bagi mahasiswa maupun umum.

Gloria Fangie dan Carina Felicia selaku Master of Ceremony (MC) membuka acara dengan doa pada pukul 17.00 WIB. Glenda Angelique selaku ketua panitia berharap kegiatan ini dapat memberikan semangat baru bagi peserta untuk mencapai mimpinya. Selain itu, Griselda Sampurno selaku Ketua UKM PD turut memaparkan arti penting kegiatan ini. Sejak kecil, ia sering mendengar ucapan “Jangan mimpi terlalu tinggi, nanti kalau gagal, jatuhnya sakit”. Stigma inilah yang kemudian membatasi Griselda dan sebagian besar orang di luar sana dalam meraih mimpi mereka. Menurutnya, TAP 2021 hadir untuk menghancurkan stigma tersebut.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ricky Ciputra selaku Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UK Petra dan R. Arja Sadjiarto, S.E., M.Ak., Ak., selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UK Petra. Talk show ini sendiri menghadirkan kakak beradik Jerome Polin Sijabat selaku Content Creator Nihongo Mantappu dan penerima beasiswa Mitsui Bussan tahun 2016 serta Jehian Panangian Sijabat selaku Content Creator Manager dan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dalam kesempatan ini, Jerome dan Jehian membagikan pengalamannya dalam menggapai mimpi mereka. Jerome berkata, “Hanya ada satu hal di dunia ini yang membuat mimpi itu gagal dicapai, yaitu ketakutan untuk gagal.” Setiap proses yang kita jalani tentu tidak luput dari kegagalan. Namun, justru kegagalan itulah yang akan memberikan kita banyak pelajaran baru. Jerome pun menambahkan, “Lebih baik kita gagal karena mencoba, daripada tidak pernah mencoba sama sekali.”

Tidak hanya itu, Jehian berpendapat, banyak orang yang kini bermimpi tanpa memiliki esensi atau semangat untuk mencapai mimpi tersebut. Jehian pun mengajak peserta untuk lebih fokus kepada mengapa kita memiliki sebuah mimpi, bukan apa mimpi kita. Hal inilah yang nantinya menentukan apakah mimpi tersebut sesuai dengan tujuan kita yang sesungguhnya. Akhir kata, Jehian berpesan agar peserta lebih mengutamakan proses dalam mencapai mimpi mereka daripada hasil akhirnya.

Selanjutnya, Sherine Monica selaku moderator memimpin sesi tanya jawab dengan peserta. UKM Vocal Group turut memeriahkan acara ini dengan memberikan penampilan istimewa. Panitia kemudian mengajak peserta untuk bermain bersama melalui Quizizz. Doa penutup pun mengakhiri rangkaian TAP 2021.

Mencapai suatu mimpi memang bukanlah hal yang mudah. Sobat harus melalui proses yang penuh tantangan untuk menggapai mimpi tersebut. Akan tetapi, hal ini tidak boleh menjadi alasan bagi Sobat GENTA untuk takut bermimpi. Ingat, gagal karena mencoba jauh lebih baik daripada tidak mencoba sama sekali. Jadi, tunggu apa lagi? Buanglah rasa takut Sobat dan gapailah mimpimu!

About the author /


Avatar