Ambil Kesempatan, Jadikan Pengalaman

Fotografer: Justin Prawiro

Ambil Kesempatan, Jadikan Pengalaman

Oleh: Amelia Syatriadi

Sabtu (17/10/2020), Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Kristen (UK) Petra (HIMATEKTRA) kembali menggelar acara Bank Panitia (bankpan). Mengusung tema “Mechanical and Electrical New Talents on The Rise”, bankpan kali ini bertujuan untuk membangkitkan talenta yang mungkin masih terpendam dalam diri mahasiswa baru (maba). Kegiatan ini diikuti oleh maba Program Studi (prodi) Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Otomotif UK Petra. Harapannya, acara ini dapat menjadi sarana bagi maba dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kepanitiaan dan Lembaga Kemahasiswaan (LK).

Acara dimulai pukul 12.00 WIB dan berlangsung secara daring melalui media Zoom. Yoshua Kaleb selaku pembawa acara mengawali kegiatan tersebut dengan doa. Wayne Frederick selaku ketua panitia juga turut hadir menyampaikan kata sambutannya. Wayne berharap para peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk belajar. “Jangan sampai kalian meninggalkan acara ini dengan tangan kosong,” ucapnya di akhir kata.

Secara keseluruhan, rangkaian kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama mengundang Joshua Alexander Heriyanto sebagai pembicara dan membahas tentang dunia kepanitiaan di UK Petra. Dalam kesempatan ini, Joshua membagikan cerita mengenai pengalamannya selama bergabung dalam panitia. Menurutnya, pengalaman ini sangat dibutuhkan, terutama ketika memasuki dunia kerja setelah lulus nanti. “Hard skill memang penting, tetapi soft skill jauh lebih dibutuhkan karena kalian akan bekerja sama dengan orang lain ketika bekerja,” ujarnya saat menyampaikan materi. Tak hanya itu, Joshua juga menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan menjadi anggota panitia, serta struktur dan divisi yang ada di dalamnya.

Memasuki sesi kedua, Jonathan Aditya Wijaya hadir sebagai pembicara dan membawakan materi mengenai LK. Jonathan sendiri saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Research & Development Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UK Petra periode 2020/2021. Melalui sesi ini, Jonathan memaparkan jenis, tugas, dan fungsi tiap LK di UK Petra. 

Di penghujung acara, Jonathan kembali berpesan, “Panitia itu boleh, tetapi jangan sampai menggeser definisimu sebagai mahasiswa yang sebenarnya.” Joshua juga turut mengingatkan bahwa kesempatan tidak datang dua kali. Oleh karena itu, para maba harus memanfaatkan kesempatan yang ada dengan sebaik mungkin. Doa dan foto bersama pun menutup rangkaian kegiatan bankpan tahun ini.

Nah, Sobat GENTA, memang ada usaha yang harus diberikan ketika mengikuti kegiatan kepanitiaan, seperti waktu dan tenaga. Namun, jangan sampai hal ini menghalangi niat Sobat untuk bergabung dalam kepanitiaan atau organisasi. Manfaatkan kesempatan yang ada dengan tidak mengabaikan tanggung jawab utama Sobat untuk belajar, ya!

About the author /


Avatar