59 Tahun Terus Berkarya, UK Petra Semakin Berjaya

Fotografer: Ferry Shendy

59 Tahun Terus Berkarya, UK Petra Semakin Berjaya

Oleh: Amelia Syatriadi

Ulang tahun selalu identik dengan perayaan, begitu pula dengan Dies Natalis Universitas Kristen (UK) Petra. Memasuki usianya yang baru, UK Petra kembali menggelar Rapat Terbuka Senat UK Petra dalam rangka Dies Natalis ke-59 pada Selasa (22/9/2020). Untuk pertama kalinya dalam sejarah, acara ini digelar secara daring. Mengambil tempat di Gedung Amphiteater Gedung Q, acara rutin setahun sekali ini disiarkan langsung melalui kanal Youtube UK Petra.

Tepat pukul 10.30 WIB, acara diawali dengan menayangkan video perkenalan anggota senat UK Petra. Acara ini kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Himne Petra. Setelah itu, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng. selaku rektor dan ketua senat UK Petra mengetukkan palu sebagai tanda resmi dimulainya acara. Tak hanya itu, Rev. Michael Chrisdion, B.Sc., M.B.A pun ikut serta memaparkan renungan singkat dari firman Tuhan. Dalam kesempatan ini, Michael kembali mengingatkan bahwa hidup kita tak pernah luput dari ujian, terutama di masa seperti sekarang. Namun, justru dari sinilah Tuhan senantiasa datang untuk menyertai dan menguatkan iman kita.

Sebagai pelengkap acara, ditayangkan pula kisah perjalanan UK Petra dari awal berdiri hingga saat ini. Selain itu, ada juga cuplikan berbagai kegiatan, pencapaian, dan prestasi yang berhasil dicapai UK Petra selama satu tahun terakhir. Puncaknya, UK Petra berhasil meraih penghargaan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Terbaik Ke-2 di Indonesia dan PTS Terbaik Pertama di Jawa Timur oleh klasterisasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) 2020.

Mengusung tema “The Rock Turns Diamond”, Djwantoro turut menyampaikan laporan rektor berupa hasil kinerja UK Petra selama periode 2019/2020. Akhir kata, ia berpesan, “Mari kita terus bergandeng tangan, menguatkan, mengasihi, melayani untuk bersama-sama menjalani panggilan mulia kita, bekerja dan berkarya di UK Petra tercinta untuk kemuliaan Tuhan.”

Salah satu wujud kasih yang ditunjukkan UK Petra adalah dengan memberikan bantuan beasiswa total sejumlah 4 miliar rupiah kepada 403 mahasiswa aktif. Selain itu, ada juga penghargaan berupa Petra Awards, Petra Kencana Karya, dan Petra Kencana Bhakti. Penghargaan ini ditujukan kepada staf, dosen, program studi, serta fakultas yang ada di UK Petra. Petra Awards sendiri adalah penghargaan terhadap akreditasi, kinerja internasionalisasi, serta kinerja penelitian dan pengabdian masyarakat. Petra Kencana Karya adalah penghargaan bagi tenaga kependidikan yang telah mengabdi selama 20 tahun, sedangkan Petra Kencana Bhakti bagi mereka yang telah mengabdi selama 30 tahun.

Guntur Harianto, S.T. selaku Wakil Sekretaris Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen (YPTK) Petra juga menyampaikan sepatah dua kata pada penghujung acara. Ia memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mewarnai perjalanan UK Petra hingga mencapai usia ke-59 tahun ini. Rangkaian acara dies natalis tahun ini kemudian ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Agus Arianto Toly, S.E., Ak., M.S.A. selaku wakil rektor bidang administrasi dan keuangan. 

Nah, Sobat GENTA, bagaimana perayaan dies natalis tahun ini? Tentu kita semakin bangga menjadi bagian dari keluarga besar UK Petra. Mari kita terus menoreh prestasi dengan tetap rendah hati dan senantiasa mengandalkan Tuhan. Dirgahayu UK Petra ke-59!

About the author /


Avatar