WFH 101: Tips Tetap Produktif Selama Pandemi

Fotografer : Agnes Elvania

WFH 101: Tips Tetap Produktif Selama Pandemi

Oleh : Yenny Chandra

Kamis (5/11/2020), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen (UK) Petra menggelar webinar bertajuk “How to Manage Stress and Increase Productivity”. Webinar yang berlangsung melalui Zoom ini bersifat terbuka dan dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa UK Petra.

Pada pukul 17.30 WIB, Elvira Benita selaku ketua penyelenggara membuka acara dengan kata sambutannya. Elvira menjelaskan, mahasiswa bisa mendapat inspirasi untuk berkembang di masa work from home. Elvira berharap mahasiswa tidak hanya bertahan di masa pandemi, tapi juga berkembang dan bisa mengelola emosi dengan baik.

Inge Santoso, B.Com, CFP, CPS  selaku Trainer and Consultant juga hadir sebagai pembicara. Menurutnya, akan banyak masalah saat menentukan prioritas dan gangguan ketika belajar serta bekerja di rumah. Inge menegaskan, sangat penting untuk peserta memiliki tempat sendiri ketika sedang belajar atau bekerja. Hal ini untuk mengurangi gangguan dan membuat peserta bisa lebih fokus dengan apa yang dikerjakan. Inge kemudian mengingatkan mahasiswa untuk menentukan hal yang paling mendasar dan terpenting agar bisa produktif. “Pilih satu yang paling penting untuk dikerjakan hari ini,” ujarnya.

Acara kemudian dilanjutkan oleh Stefany Valentia, S.Psi.,  selaku mahasiswa S2 Magister Profesi Psikologi Klinis di Universitas Indonesia (UI). Stefany menuturkan, pembelajaran secara daring dapat meningkatkan stress. Situasi pandemi dapat menimbulkan kedukaan, seperti merasa kehilangan kebebasan, kehilangan koneksi, dan perubahan rutinitas. “Karena keadaan yang seperti sekarang ini, sangat perlu untuk melakukan resiliensi,” ucapnya.

Stefany juga membagikan empat cara untuk meningkatkan resiliensi saat work from home. Empat cara tersebut adalah memperhatikan kesehatan fisik, saling terkoneksi, menunjukkan kasih sayang, dan menentukan hal yang ingin dicapai. “Dalam hidup ini tidak mungkin tidak ada badai, tapi tujuan bisa menjadi kompas,” tuturnya. 

Pandemi Covid-19 seakan memaksa setiap orang untuk adaptif terhadap perubahan. Mengelola emosi dan tetap produktif menjadi tantangan tersendiri. Nah, Sobat GENTA, menentukan tujuan dapat membantu Sobat tetap produktif di tengah situasi ini loh! Jangan lupa keep on track ya!

About the author /


Avatar