Rahasia Inovasi PT Nutrifood Indonesia

Fotografer : Theofilus Natanael W

Rahasia Inovasi PT Nutrifood Indonesia

Oleh : Eunike Jeannyfer Caroline

Program Studi (Prodi) Magister Manajemen (MM) Universitas Kristen (UK) Petra mengadakan Online CEO Talk bersama PT Nutrifood Indonesia pada Jumat (28/8/2020). Acara yang mengangkat tema “Managing Innovation Through Culture” ini menghadirkan Dr. Mardi Wu, S.T.P., M.B.A., selaku Chief Executive Officer (CEO) PT Nutrifood Indonesia sebagai pembicara. Seminar ini diadakan melalui media Zoom pada pukul 13.00 WIB. Tidak hanya diikuti oleh mahasiswa, dosen hingga alumni pun turut menjadi peserta dalam acara ini.

Dalam kesempatan ini, Dr. Michael Adiwijaya, S.E., M.A., Head of Specialization Branding and Digital Marketing MM UK Petra dipercaya untuk menjadi moderator acara. Serli Wijaya, S.E., M.Bus., Ph.D., selaku Ketua Prodi MM UK Petra juga memberikan sambutan kepada seluruh peserta sebelum sesi sharing dimulai. Mardi memulai sharing dengan cerita singkat mengenai perjalanan PT Nutrifood Indonesia selama lebih dari 40 tahun. Berawal dari sebuah produk sirup Tropicana Slim yang dibuat di rumah, hingga mempekerjakan 3000 karyawan yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Pada saat itu, kesadaran untuk hidup sehat belum terlalu tinggi, namun PT Nutrifood Indonesia melihatnya sebagai celah untuk membangun usaha. Keberanian untuk berinovasi menjadi poin yang penting.

Salah satu hal yang menjadi awal dari inovasi adalah humility. Alasannya adalah karena inovasi dimulai dari kerendahan hati untuk mengatakan “saya tidak tahu” dan akhirnya menggali informasi. PT Nutrifood Indonesia juga berusaha membangun suasana kerja yang nyaman seperti ruang yang terbuka, kebebasan dalam etika berpakaian, serta hubungan pertemanan antar rekan kerja. Budaya organisasi juga menjadi salah satu kunci dalam kesuksesan PT Nutrifood Indonesia. “Perusahaan tidak hanya membangun sebuah struktur, prosedur, tapi juga budaya organisasi”, ujar Mardi. Ada lima poin yang menjadi budaya PT Nutrifood Indonesia, yaitu Integrity, Collaboration, Innovation, Respect, dan Excellence atau yang bisa disingkat ICARE.

Setelah sesi sharing, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Peserta menunjukkan antusiasmenya melalui pertanyaan yang diajukan. Mardi juga bersedia menjawab setiap pertanyaan dengan jelas. Acara ditutup dengan foto bersama sebagai dokumentasi.

Berawal dari usaha kecil hingga berkembang seperti sekarang tentunya perlu proses dan kemauan untuk berinovasi. Belajar dari pengalaman PT Nutrifood Indonesia, berani menjadi berbeda dengan lingkungan sekitar bukanlah hal yang buruk, tetapi dapat membawa kesuksesan. Namun, tetap berbeda dalam hal yang positif ya, Sobat GENTA!

About the author /


Avatar